Rabu, 15 Mei 2019

Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

Duh, gak nyaman banget kalo mulut kita bau ya. Mau ngobrol gak enak, takut orang yang diajak ngobrol mencium aroma tak sedap dari mulut kita. Mending kalau orangnya masih menghormati kita dengan tidak menutup hidungnya di depan kita. Kalo yang nggak, kan malu banget. Belum lagi perasaan bersalah karena telah bikin lawan bicara merasa gak nyaman dengan bau mulut kita. Yang bikin ciut adalah saat ada orang atau temen yang dengan beraninya ngeledekin bau mulut kita. Rasa percaya diri langsung hilang deh! Pengen langsung hilang ditelan bumi aja, saking malunya XD

Penyebab bau mulut
Bau mulut
Sebenarnya apa sih yang bikin mulut bau? Kalau penyebabnya adalah makanan tertentu yang emang bikin mulut bau, seperti jengkol, pete, durian, atau bawang putih, itu berarti emang kamunya yang nyari masalah dengan bau mulut. Jadi tanggung sendiri risikonya kalau kamu mengkonsumsi makanan tersebut, wekeke.

Tapi ada juga yang gak mengkonsumsi makanan tersebut, mulutnya masih mengeluarkan bau yang kurang sedap. Nah, kalau ini mungkin ada masalah dengan kesehatan gigi dan mulutnya. Plak yang menumpuk di gigi dan lidah dapat menyebabkan bau mulut. Ini akibat sisa makanan yang terlalu lama menumpuk di mulut tersebut mulai dihancurkan oleh bakteri, yang kemudian menimbulkan bau tak sedap. Selain itu gigi yang berlubang atau gusi yang sering berdarah juga bisa menyebabkan bau mulut.   

By the way, ternyata tak hanya masalah kesehatan mulut dan gigi serta makanan tertentu saja yang menyebabkan bau mulut. Orang yang mengalami gangguan pencernaan, sinusitis, infeksi saluran pernapasan, diabetes, gangguan hati, serta kebiasaan merokok juga menjadi penyebab timbulnya bau mulut.

Oya, mulut yang kering juga bisa menimbulnya bau mulut lho! Makanya jangan heran jika saat berpuasa mulut kita mengeluarkan aroma tak sedap. Mulut yang tidak melakukan aktivitas makan dan minum selama puasa menyebabkan mulut kering, sehingga mengganggu produksi air liur. Ini menyebabkan perkembangan bakteri semakin banyak di rongga mulut, yang mengakibatkan bau mulut.

Lalu bagaimana cara mengatasi bau mulut ini?

Yang pertama tentu saja dengan cara menjaga kebersihan mulut dan gigi. Caranya yaitu dengan teratur menyikat gigi dua kali sehari, yaitu malam sebelum tidur dan pagi setelah bangun tidur. Trus jangan menyikat gigi sembarangan ya. Sikatlah gigi dengan baik dan tepat. Sikat gigi dengan cara memutar pada gigi bagian dalam, posisi menyikatnya secara vertikal, semua bagian gigi disikat, termasuk permukaan gigi geraham, serta lidah.

Jika ada makanan yang menyelip disela gigi, bersihkan menggunakan benang gigi atau flossing. Untuk hasil yang optimal dan untuk memastikan gigi dan mulut benar-benar bersih, tuntaskan dengan menggunakan obat kumur. Trus jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan gigi ke dokter minimal 6 bulan sekali.

Cara lain untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan membersihkan lidah dan minum air putih yang cukup, atau berkumur-kumur setelah bangun tidur. Berhenti merokok, mengkonsumsi kopi yang berlebihan, dan mengkonsumsi minuman beralkohol. Ganti saja dengan mengunyah permen karet rendah gula, atau kulit jeruk/ lemon/ peterseli yang dapat menetralisir bau mulut.

Itu beberapa penyebab bau mulut dan cara mengatasinya. Namun ini lebih ke cara mengatasi bau mulut akibat masalah kesehatan mulut dan gigi. Untuk bau mulut yang disebabkan oleh kondisi kesehatan lainnya, seperti gangguan pencernaan dan hati, sinusitis, dll mesti dikonsultasikan ke dokter ya. Semoga kita tidak mengalami bau mulut lagi ya, sehingga bisa lebih berkualitas ngobrol dengan teman dan orang lain, karena kita udah pede dengan aroma mulut yang segar :)      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar