Jumat, 10 Mei 2019

Aneka Nasi Goreng Khas Indonesia

Siapa yang gak tau dengan nasi goreng. Nasi goreng termasuk makanan khas Indonesia yang sangat populer. Saking populernya, Mister Obama aja tau dan pernah makan nasi goreng. Yekan! :D. Jadi gak hanya masyarakat kita aja yang doyan dengan nasi goreng ini, namun masyarakat dunia juga.

Nasi Goreng
Nasi Goreng
Nah, ngomong-ngomong soal nasi goreng, ternyata nasi goreng yang ada di Indonesia itu gak cuma satu rasa atau satu jenis aja, tapi beragam. Misalnya nasi goreng Sumatera lain lagi rasanya dengan nasi goreng Jawa, begitupun dengan nasi goreng Sunda dan daerah lainnya.

Seperti budaya kita yang beragam, maka selera masing-masing daerah juga beragam. Nasi goreng Sumatera cenderung berwarna merah dengan cita rasa yang pedes karena banyak sambalnya. Sedangkan nasi goreng Jawa cenderung berwarna coklat karena kecapnya. Beda pula dengan nasi goreng Sunda, dengan nasi goreng berwarna kuning karena bumbunya menggunakan kunyit.

Yang namanya nasi goreng, berarti bahan dasarnya nasi ya. Jadi nasi goreng yang ada di Indonesia ini semuanya berbahan nasi, yang digoreng dengan bumbu bawang putih dan bawang merah, serta disiram dengan kecap, serta cabe bagi yang mau rasanya pedes.

Seiring semakin populernya nasi goreng, maka ragam cita rasanya pun semakin bertambah. Kalau dulu nasi goreng hanya dihidangkan dengan telur ceplok atau telur dadar, ditambahkan dengan selada, irisan timun dan tomat, serta krupuk. Maka sekarang nasi goreng makin ‘naik level’ dan disandingkan dengan berbagai macam lauk pauk.

Kalau beli nasi goreng sekarang udah banyak pilihannya. Mau nasi goreng biasa yang standar isinya cuma telur dan suwiran daging ayam, nasi goreng ati ampela, nasi goreng bakso dan sosis, nasi goreng dengan ayam goreng, nasi goreng seafood, nasi goreng kambing, nasi goreng cumi, nasi goreng udang, nasi goreng pete, nasi goreng jagung manis, dan masih banyak lagi deh yang lainnya.

Aku sendiri termasuk penyuka nasi goreng, Mau makan nasi goreng tiap hari juga gak apa-apa, dan gak akan bosen, hihi. Namun walau begitu, aku belum mencicipi semua jenis nasi goreng di atas. Paling demen sih beli nasi goreng di abang-abang, yang rasanya gak kalah dengan rasa nasi goreng yang ada di resto-resto. Selain rasanya yang enak, harganya juga lebih murce, wekeke….

Oiya, bicara mengenai nasi goreng, harganya emang beragam. Kalau di daerah-daerah sepertinya harga nasi goreng jauh lebih murah dibandingkan dengan yang di perkotaan. Mungkin karena harga beras yang juga lebih murah ya. Untuk di abang-abang, standar harganya berada di kisaran 10 ribu hingga 15 ribu rupiah.

Sedangkan kalau di resto-resto, harga nasi goreng biasanya di kisaran 20 ribu hingga 30 ribu. Tapi itu untuk nasi goreng yang standar atau biasa gitu ya. Kalau untuk nasi goreng seafood atau nasi goreng yang lengkap lauknya, bisa lebih tinggi lagi dari itu harganya. Pun tergantung tempatnya juga sih kadang. Karena ada juga beberapa tempat eksklusif yang menjual nasi goreng biasa dengan harga yang lumayan tinggi. So, kamu penyuka nasi goreng juga kah seperti aku? Sudah mencoba jenis nasi goreng yang mana aja?      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar