Rabu, 08 Mei 2019

Menu Buka Puasa dengan Banana Kurma with SKIPPY Smoothies

Punya anak yang picky eater itu membuat saya mesti pinter-pinter mengolah makanan, agar anak bisa mengkonsumsi semua jenis makanan tanpa terkecuali. Ini agar asupan nutrisi seimbang untuk anak bisa terpenuhi. Tahu sendiri kan, jika anak kekurangan nutrisi atau mengasup nutrisi yang kurang seimbang, akan berpengaruh pada tumbuh kembangnya.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, memasuki Ramadhan kali ini, anak saya ikut berpuasa bersama. Alhamdulillah, anak saya termasuk anak yang suka makan sayur. Jadi saya gak terlalu kesulitan untuk mengajaknya makan makanan yang berserat. Namun sayur saja tentu saja gak cukup dong ya. Masih ada buah-buahan dan makanan berprotein lainnya yang mesti dikonsumsinya. Nah, disitulah masalahnya. Anak saya suka pilah pilih untuk dua sumber bahan makanan tersebut, yaitu buah-buahan dan makanan berprotein, khususnya protein hewani.

Untuk makanan yang mengandung protein, anak saya hanya suka makan dengan telur, tahu, tempe, dan nugget. Agar anak saya mau makan berbagai jenis daging atau protein hewani, saya mengakalinya dengan mengolah daging tersebut menjadi nugget. Begitupun dengan buah-buahan, anak saya sukanya cuma pepaya, jeruk, dan apel. Makanya saya biasanya mengolah dulu buah-buahannya menjadi jus atau smooties yang menarik agar anak saya mau mengkonsumsinya.

Nah, pada saat puasa kali ini saya mau membuatkan sesuatu yang spesial buat kami sekeluarga, khususnya buat anak saya. Bahan utama yang akan saya gunakan adalah pisang. Oiya, anak saya termasuk anak yang suka dengan berbagai macam selai. Dia suka makan roti tawar dengan selai apa aja. Dari sekian banyak jenis selai, yang jadi favoritnya adalah selai coklat dan selai kacang.

Makanya saya suka menyediakan berbagai macam selai di rumah, agar dia bisa makan roti tawar dengan selai yang lagi diinginkannya. Untuk selai kacang, biasanya saya pakai SKIPPY. Mengapa selai SKIPPY? Karena saya kenal SKIPPY sejak lama. Dulu, almarhumah mama suka menyediakan SKIPPY di rumah untuk saya dan adik-adik makan dengan roti. Rasanya enak gak bikin eneg, teksturnya juga pas, gak encer dan gak terlalu pekat.


Dulu varian SKIPPY gak sebanyak saat ini. Sekarang kita udah bisa memilih beberapa varian dari SKIPPY, seperti SKIPPY Creamy Peanut Butter, Chunky Peanut Butter, Choco Peanut Butter, Strawberry Peanut Butter, dan Grape Peanut Butter.

Nah, untuk kali ini saya akan membuat menu camilan dan smootie nih buat keluarga. Yang pertama saya sebut Banana Rolled SKIPPY, dan yang kedua Banana Kurma with SKIPPY Smoothie. Seperti yang saya tulis di atas, bahwa anak saya sangat suka selai kacang, namun sangat susah jika diminta untuk makan buah-buahan, atau tepatnya pilah pilih buah. Makanya saya memilih pisang sebagai bahan utamanya. Mengapa pisang?

Menurut ahli nutrisi yang pernah saya temui di salah satu workshop, saat berbuka puasa dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis. Namun manis di sini sebaiknya jangan yang mengandung gula gitu. Sebaiknya manis yang didapatkan dari makanan, seperti buah-buahan. Ahli nutrisi tersebut menganjurkan untuk berbuka dengan kurma. Karena kurma memiliki kandungan nutrisi yang komplit. Jadi bagus untuk kesehatan, dan juga untuk berbuka puasa, karena tubuh butuh asupan nutrisi yang komplit setelah seharian perut tak terisi makanan. 

Jika tak ada kurma, maka buah yang paling mendekati kandungan nutrisi yang ada pada kurma adalah buah pepaya, pisang, dan semangka. Makanya saya memilih salah satu dari buah-buahan tersebut. Mengingat kalau untuk buah pepaya anak saya bisa memakannya langsung. Oiya, anak saya juga kurang demen makan kurma euy *hadeh* Akhirnya saya punya ide untuk mencampurkan pisang, kurma, dan menambahkan selai kacang dalam smoothie ini, hehe….

Berikut resep ala saya membuat smoothie dan camilan untuk menu berbuka puasa kami sekeluarga. 

Banana Kurma with SKIPPY Smoothie

Banana Kurma with SKIPPY Smoothie
Bahan-bahan:
2 buah pisang
5 buah daging kurma
5 sdm SKIPPY Choco Peanut Butter 
100 ml susu full cream
100 ml yogurt
Potongan es batu
Keju parut


Cara membuat:
Masukkan semua bahan, kecuali keju parut ke dalam mesin blender. Blend hingga semua bahan tercampur smpai halus. Sajikan dalam wadah atau gelas. Taburkan keju parut di atasnya. Bisa diberi pemanis, seperti potongan strawberry, wafer stick, dan lain-lain. 

Sebenarnya takaran bahan-bahannya disesuaikan saya dengan selera. Misalnya ingin kurmanya lebih terasa, bisa ditambahin aja. Atau ingin selai kacangnya yang lebih terasa, tinggal ditambahkan saja sesuai keinginan. Kalau yang saya buat ini rasa kacang, yogurt, dan pisangnya yang lumayan terasa. Smoothie ini seger banget disantap saat berbuka puasa.

Banana Rolled SKIPPY

Banana Rolled SKIPPY
Bahan-bahan:
2 buah pisang
SKIPPY Choco Peanut Butter
Mises
Keju parut


Cara membuat:
Potong pisang menjadi 2 bagian. Lalu oles pisang dengan SKIPPY Choco Peanut Butter, hingga terselimuti seluruh bagiannya. 
Kemudian gulingkan pisang yang sudah terbungkus SKIPPY ke dalam mises.
Letakkan di piring saji. Taburkan keju parut di atasnya. 
Siap disantap.
  
Alhamdulillah, anak saya suka. Katanya minta dibuatkan lagi besok, hihi. Smoothie ini juga bagus buat sahur lho! Dapat serat dari pisang dan yogurt, protein dari selai kacang, nutrisi lengkap dari kurma. Lumayan mengenyangkan juga. Menurut saya malah dengan mengkonsumsi ini perut dapat kenyang lebih lama lagi dari biasanya :)     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar