Senin, 13 Mei 2019

Cara Mengatasi Kulit Kering Saat Berpuasa

Ada yang mengalami kulit kering saat berpuasa? Mengapa bisa kering gitu ya? Apa hubungannya berpuasa dengan kulit yang kering? Apakah semua orang yang berpuasa mengalami kulit yang kering? Berbagai pertanyaan tersebut pasti akan terlontar saat membaca judul artikel ini. Untuk lebih jelasnya, yuk dilanjutkan baca artikelnya :)
Cara atasi kulit kering saat puasa

Kulit kering adalah kondisi umum pada kulit yang terjadi akibat kekurangan cairan pada lapisan paling luar kulit. Biasanya yang rentan mengalami kulit kering adalah bagian tubuh yang terbuka, seperti lengan, tangan, dan kaki.

Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, baik pria, wanita, anak-anak, orang dewasa, lansia, orang kaya, maupun miskin. Gak pandang usia maupun status sosial deh. Namun ada yang mengalami masalah kulit kering ini seumur hidupnya, ada juga yang hanya sementara waktu karena kondisi tertentu saja.

Sebenarnya banyak faktor pencetus terjadinya kekeringan pada kulit. Diantaranya ada yang karena iritasi. Pernah mencelupkan tangan ke dalam cucian pakaian yang lagi direndam menggunakan detergen? Rasakan gimana kondisi kulit setelahnya. Kering dan kasar. Itu yang pernah saya rasakan. Selain detergen, kulit juga bisa iritasi karena bahan kain yang digunakan, atau karena sabun dan parfum yang mengandung bahan kimia yang bikin kulit iritasi.

Kebiasaan menggosok-gosokkan kulit juga bisa menyebabkan kulit kering, karena dapat mengangkat dan merusak lapisan permukaan kulit yang berfungsi menjaga kelembaban kulit. Begitu pun kebiasaan menggosokkan badan yang kenceng dengan handuk usai mandi, juga berpotensi menghilangkan kelembaban kulit lho!

Selain itu perubahan cuaca juga dapat menyebabkan kulit kering. Makin lembab suhu udara, maka akan semakin kering kulit. Misalnya saat berada pada ruangan ber-AC dengan suhu yang rendah. Atau bisa juga saat kulit terkena udara dengan temperatur yang panas, seperti saat mandi uap.

Tip Hindari Kulit Kering Saat Berpuasa

Nah, ini satu lagi yang bisa bikin kulit kering, yaitu saat berpuasa. Mengapa? Karena tubuh kekurangan cairan selama puasa. Kalau biasanya kan cairan yang hilang bisa digantikan dengan langsung minum atau makan. Maka  saat berpuasa tubuh tidak menerima asupan makanan dan minuman selama kurang lebih 12 jam. Kulit kering ini bisa terjadi pada siapa aja, cowok maupun cewek. Lalu gimana dong caranya agar kulit tidak kering saat berpuasa?

Cara atasi kulit kering saat puasa
Kulit kering
Tip agar tubuh tak terlalu dehidrasi selama berpuasa, yaitu dengan cukup minum air putih, minimal 8 gelas sehari. Pertama, minum 1 gelas air saat bangun tidur, 1 gelas setelah sahur, 1 gelas setelah adzan magrib, 1 gelas usai sholat magrib, 1 gelas saat berbuka puasa, 1 gelas setelah sholat isya, 1 gelas setelah sholat tarawih, dan 1 gelas sebelum tidur.

Selain minum yang cukup, saat sahur dan berbuka sebaiknya mengkonsumsi makanan berserat, seperti sayur dan buah-buahan. Makanan berserat dapat menjaga cairan di dalam tubuh, sehingga tubuh tidak sampai dehidrasi.

Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat memicu dehidrasi, seperti goreng-gorengan, makanan yang terlalu pedas, terlalu asin, terlalu manis, teh, dan kopi.

Saat mandi jangan lupa untuk menggunakan sabun yang mengandung pelembab atau moisturizer. Usai mandi pun oleskan pelembab pada kulit, seperti hand body lotion, krim pelembab, dll. Oya, sebelum tidur pun sebaiknya gunakan pelembab ya, agar kulit tetap lembab selama tubuh beristirahat.

Ternyata pakaian yang kita gunakan juga dapat menyebabkan kulit kering. Saat berpuasa sebaiknya gunakan pakaian yang bisa menyerap keringat. Pakaian yang tidak menyerap keringat dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, karena keringat yang menumpuk pada kulit. Hal ini dapat mengganggu kesehatan kulit, dan berpotensi sebabkan kulit kering juga.

Itu beberapa cara dan langkah yang bisa dilakukan agar kulit jangan sampai kering saat berpuasa. Bagaimanapun kulit kering tidak baik untuk kesehatan. Bahkan kulit yang kering bisa jadi indikasi kalau kulit tidak sehat lho!

Jika kulit kering dibiarkan berlarut-larut bisa menimbulkan masalah pada kulit dan tubuh lainnya. Misalnya nih, dapat merusak penampilan, menimbulkan rasa gatal, gejala penuaan yang muncul lebih cepat, kulit jadi lebih sensitif dan rentan terhadap kuman dan bakteri. Bahkan bisa jadi indikasi kanker kulit. Duh, serem kan! Yuk, jaga kesehatan kulit dan tubuh :)   


Referensi: alodokter.com

1 komentar:

  1. kalo kulit udah kering tuh bikin gateeell.. kalo khilaf bisa di garuk tanpa sadar mbak. Baru nyadar pas udah ada luka deh :(

    BalasHapus