Selasa, 28 Mei 2019

Kenangan Indah Berbuka Puasa Bersama Keluarga

Berbuka puasa bersama keluarga

Menurutmu momen apa yang paling menyenangkan saat puasa di bulan Ramadan? Kalau menurut saya, selain bisa menunaikan sholat tarawih dan berburu Lailatul Qadar, momen saat seluruh keluarga berkumpul untuk menikmati santap berbuka puasa bersama.

Sebenarnya banyak lagi momen lain yang menyenangkan dan biasanya selalu dirindukan saat datangnya bulan Ramadan. Namun terkadang untuk bisa berkumpul dengan keluarga secara lengkap merupakan momen yang agak sulit terwujud karena kesibukan masing-masing. Makanya jika ternyata momen tersebut bisa terwujud akan sangat menyenangkan banget bagi saya.

Kalau berkumpul untuk bersantap sahur dan berbuka puasa dengan keluarga kecilku, masih lumayan sering lah ya. Namun dengan keluarga besarku ini yang agak sulit. Saya dengan delapan saudara yang tinggalnya tersebar di berbagai daerah, agak kerepotan jika kami hendak berencana berkumpul semua. Ada saja salah seorang yang gak bisa datang.

Pernah satu kali momen berkumpul bersama ini bisa terwujud. Saya dan keluarga sangat bahagia akhirnya kami bisa berkumpul lengkap semuanya. Sahur dan berbuka puasa bersama keluarga itu rasanya seru banget. Apalagi masing-masing anak dan pasangan memiliki selera makan yang beragam.

Pernah satu kali saat bulan puasa, dan kita para ibu-ibu lagi capek memasak, karena habis acara. Jadi kami berencana membeli makanan dan takjil saja untuk berbuka puasa. Satu keluarga saja bisa banyak jenis makanan dan takjil yang dipesan. Bayangkan kami bersembilan, dan masing-masing keluarga memesan makanan dan takjil yang berbeda-beda, hahaha

Yang dapat tugas untuk beli-beli tentu saja adik cowok yang paling kecil. Dia mesti mencatat masing-masing pesanan dari tiap keluarga. Lalu dia sibuk hilir mudik dari resto A ke resto B lalu ke resto C, dan seterusnya, hahaha. Pasti pada berfikir ya, mengapa masing-masing anggota keluarga gak beli sendiri makanannya XD

Kenyataannya adik bungsuku itu senang-senang aja sih ditugaskan membeli makanan. Katanya kapan lagi bisa menyenangkan kakak-kakaknya yang datang dari berbagai daerah. Oya, adikku ini belum nikah, dan masih tinggal di rumah mama. Jadi waktu itu kami berkumpul di rumah besar mama yang ditinggali adik.

Pas buka puasa, kami gelar permadani di lantai ruang tengah, dan makan rame-rame di atasnya. Seru deh ngelihat seluruh keluarga berkumpul, duduk membentuk lingkaran, dan menyantap takjil dan berbuka puasa bersama, sambil bercanda serta ngobrolin berbagai hal. Setelah itu kami pun sholat magrib bersama. Duh, jadi kangen bisa berkumpul lagi seperti ini :’)

1 komentar:

  1. Wih kebayang ramenya, kayak dulu pas keluarga dari mamah masih lengkap, kalo lebaran tuh di rumah nenek pasti penuh sama anak, cucu dan menantu. Seru!

    BalasHapus