Rabu, 13 Februari 2019

Cantik dan Sehat dengan L’Oreal UV Perfect Matte & Fresh Sunscreen



Hola!
Mingguku kemarin produktif banget. Aku yang belakangan ini udah jarang olahraga, dibuat berkeringat saat mengikuti olahraga baru yang saat ini lagi tren, yaitu pound fit. Pound fit merupakan olahraga yang menggunakan ripstix (sejenis stik), yang dipadukan dengan musik. Hampir sama dengan aerobik gitu, bedanya pound fit ini menggunakan stik.

Minggu pagi, tepatnya tgl 10 Februari 2019 kemarin aku udah sampai di fX Sudirman, Jakarta untuk mengikuti acara L’Oreal Car Free Day. Agendanya di sana, aku dan peserta lainnya akan mengikuti pound fit, seseruan di photobooth, ikutan games, skin test, serta try on L’Oreal product.

Asyik berfoto di photobooth
Setelah registrasi, saya dan beberapa peserta yang sudah datang pagi itu langsung meluncur ke area photobooth. Yup, mesti pepotoan dulu deh selagi wajah masih fresh dan make-up nya belum luntur, haha. Sambil menunggu antrian buat foto (karena untuk satu orang itu perlu take foto beberapa kali, sampai nemuin angle dan hasil yang sesuai dengan keinginan *saya juga kadang begitu, wkwk), maka saya pun mampir ke booth L’Oreal Product.

Try on L'Oreal Product

L'Oreal UV Perfect Matte & Fresh with SPF 50/ PA++++ Long UVA
Di booth ini terdapat produk sunscreen terbaru dari L’Oreal, yaitu L’Oreal UV Perfect Matte & Fresh Sunscreen with SPF 50/ PA++++ Long UVA. Ngomong-ngomong mengenai sunscreen, belakangan ini aku beberapa kali mendapatkan info baru mengenai sunscreen. Terakhir itu saat menonton tayangan Dr. OZ Indonesia. Salah satu host dari acara tersebut, yaitu dr. Boy Abidin mengatakan bahwa sunscreen itu tidak saja digunakan saat akan keluar rumah, namun juga saat kita lagi di rumah atau dalam ruangan.

Fakta lainnya lagi yang baru aku ketahui adalah bahwa ternyata sunscreen hanya mampu bekerja memberikan perlindungan selama 2 jam aja. Jadi efektifnya cuma 2 jam gitu, dan selanjutnya kita mesti olesin lagi sunscreen-nya. Aku sendiri baru mulai rajin menggunakan sunscreen sejak tahu dampak yang ditimbulkan pada kulit jika tidak menggunakan sunscreen. Aku akan jelaskan sedikit mengenai sunscreen ini ya.

Sebelum membahas mengenai sunscreen, aku akan jelaskan dulu perbedaan antara sunscreen dengan sunblock. Soalnya kemarin ada yang nanyain di postingan IG mengenai hal ini. So, sunscreen merupakan lotion cair yang berfungsi sebagai penyaring sinar matahari (chemical sunscreen). Sunscreen akan masuk ke dalam kulit dan menyerap radiasi UV sebelum mencapai lapisan kulit dan merusaknya. Sedangkan sunblock adalah lotion yang teksturnya lebih kental, dan berfungsi sebagai dinding penghalang kulit dari sinar matahari (physical sunscreen).

Jadi manfaat keduanya hampir sama sih, yaitu melindungi kulit dari sinar matahari. Cuma kebanyakan orang lebih memilih sunscreen saat beraktivitas sehari-hari, karena teksturnya yang lebih tipis dan ringan. Kecuali kalau mau berenang, rata-rata akan memakai sunblock untuk melindungi seluruh tubuhnya dari sengatan matahari.

Lalu, gimana kalau kita tidak pakai sunscreen? Yang pasti kulit kita akan langsung terkena radiasi sinar UV yang dipancarkan oleh matahari. Apalagi di daerah tropis dengan sinar matahari yang melimpah ini. Duh, bisa-bisa terbakar kulit wajah jika tidak dilindungi dengan sunscreen. Tak hanya terbakar dan bikin kulit memerah (sunburn), sinar matahari juga dapat membuat bintik hitam (darkspot), pori-pori kulit membesar, kulit gampang keriput (cepat tua), dan yang paling parah adalah kanker kulit.

Sinar matahari bukannya bagus untuk tulang? Memang bagus, tapi itu sinar di pagi hari, sebelum pkl 9.00, dimana waktu itu sinar UV masih belum begitu banyak. Sinar UV dari matahari akan lebih banyak di waktu siang hari, yaitu di antara pkl 9.00-15.00. Meski di dalam ruangan pun, kita sebaiknya pakai sunscreen, karena sinar UV dapat menembus kaca jendela lho! So, meskipun matahari adalah salah satu sumber vitamin D, tapi tetap aja ada dampak negatifnya jika kulit tidak dilindungi dengan baik. Nah, udah tau kan mengapa pakai sunscreen itu penting:)

Bincang-bincang mengenai sunscreen dengan Tyna Mirdad
Lanjut ke keseruan acara L’Oreal Car Free Day kemarin ya. Gak lama setelah berfoto di photo booth dan beberapa tempat di sekitarnya yang dianggap bagus buat berfoto, MC Wulan pun memanggil semua peserta untuk berkumpul di depan stage. Ternyata pada kegiatan ini ada Tyna Kanna Mirdad. Fyi, Tyna merupakan seorang influencer. Beliau merupakan adik iparnya Giring Nidji, serta menantu dari artis lawas Lydia Kandou. Jadi tambah seru deh acaranya, karena Tyna ini orangnya ceria, supel, enerjik, dan yang pasti cantik, hehe….

Sebelum pound fit di mulai, ada Kak Mira Monika, selaku Editor in Chief of Beauty Journal yang menginfokan bahwa Beauty Journal sebagai komunitas, udah sering bekerja sama dengan berbagai brand. Nah, untuk kali ini Beauty Journal bekerja sama dengan L’Oreal Paris, dalam peluncuran produk the first matte sunscreen ever, yaitu L’Oreal UV Perfect Matte & Fresh Sunscreen.

Lalu ada Kak Rita Wijaya, selaku Group Product Manager at L’Oreal. Kak Rita menjelaskan bahwa kegiatan L’Oreal #SunnyMatte Sunday di Car Free Day ini merupakan rangkaian dari peluncuran produk terbaru dari L’Oreal Paris, yaitu  Sunscreen UV Perfect Matte & Fresh. Sunscreen ini diluncurkan sebagai jawaban dari keinginan para wanita yang ingin tetap tampil cantik dan sempurna, tanpa melupakan kesehatan kulitnya.

Kak Rita
Sama seperti yang aku uraikan di atas tadi, Kak Rita pun mengatakan bahwa kita memang butuh manfaat dari sinar matahari, tapi sinar matahari yang berlebihan dapat menimbulkan beberapa potensi kerusakan pada kulit. Makanya sebagai wanita yang aktif, dibutuhkan produk sunscreen untuk melindungi kulit kita.

Keluhan bahwa produk sunscreen banyak yang bikin kesan lengket, serta oily di kulit, membuat L’Oreal berinovasi untuk memberikan produk sunscreen dengan hasil akhir yang matte and fresh. So, selain dapat melindungi kulit dari sinar matahari, L’Oreal UV Perfect Matte & Fresh Sunscreen ini tidak memberikan kesan lengket dan berminyak. Sunscreen ini cocok digunakan untuk kulit normal, berminyak, dan kombinasi.

Lalu apa lagi keunggulan lain dari L’Oreal UV Prefect Matte & Fresh Sunscreen with SPF 50/ PA++++ Long UVA ini? Menurut Kak Rita, sunscreen ini memiliki formula Advanced Oil-Control UV Protector. Jadi di dalamnya terdapat kandungan mattifying pure-clays yang bisa menyerap minyak berlebih di kulit. Lalu kandungan Mexoryl dan Long UVA Filters nya berguna untuk mencegah kerusakan pada kulit akibat paparan sinar matahari, seperti pigmentasi, darkspot, dan kerutan pada kulit.

L'Oreal UV Perfect Matte & Fresh Sunscreen
Selain itu ada kandungan Detoxil juga, yang berfungsi sebagai anti-polusi, bahkan bisa melindungi kulit dari partikel yang lebih kecil dari 2,5 mikron gitu. Cocok untuk kita yang tinggalnya di perkotaan, dan akrab dengan polusi. Selain itu, menurut aku packaging-nya juga menarik, dalam balutan warna biru lembut. Produknya sendiri berwarna hijau dengan kombinasi putih gitu. Yang bikin aku seneng adalah bentuk kemasannya yang ramping dan handy, jadi gak banyak makan tempat dan enak dibawa kemana-mana :)

Urutan penggunaan sunscreen adalah setelah semua produk skin care wajah dioleskan, sebelum menggunakan produk make-up. Bisa jadi primer gitu sebelum mulai make-up. Untuk cara penggunaannya, sama seperti mengoleskan pelembab atau foundation, tinggal tuangkan sunscreen secukupnya.

Takaran pemakaian sunscreen
Sebagai takarannya adalah seperempat sendok teh, atau bisa gunakan dua jari tangan (telunjuk dan jari tengah), lalu tuangkan sunscreen sepanjang dua jari tersebut. Oleskan pada wajah dan leher secara merata. Ingat, sampai merata ya! Agar semua kulit wajah terlindungi dengan sempurna.

Kak Beatrice
Kak Beatrice dari L’Oreal Paris juga mengingatkan agar menggunakan sunscreen tiap hari. Beliau juga menginformasikan bahwa L’Oreal UV Prefect Matte & Fresh ini termasuk ke dalam jenis produk perfect combination with chemical and physical sunscreen. Untuk physical sunscreen, produk ini punya titanium dioxide, dan untuk chemical sunscreen-nya ada formula mexoryl, dll.

Nah, Tyna juga sempet curhat nih mengenai penggunaan sunscreen ini. Tyna mengambil pelajaran dari mamanya yang jarang banget pakai sunscreen. Sehingga kulit wajah mamanya penuh dengan darkspot. Darkspot tersebut lama kelamaan mengumpul dan membesar kayak pulau gitu. Dari situlah akhirnya Tyna memutuskan bahwa penggunaan sunscreen itu sangat penting.

Tyna Kanna Mirdad
Tyna juga udah nyobain pakai L’Oreal UV Perfect Matte & Fresh Sunscreen. Bahkan pagi sebelum ke acara dia mengaplikasikannya ke wajah. Hasilnya, hingga siang, kulit wajah Tyna masih keliatan fresh tanpa perlu touch up. Katanya gak kayak sunscreen lain, yang biasanya bikin kulitnya berasa lengket dan white cast.

Kalau kulit hitam bekas jerawat sih gampang buat ngilanginnya, tapi kalau sunspot sangat susah buat ngilanginnya. Udahlah lama dan susah, biaya perawatannya juga mahal. Mending rawat dan lindungi kulit sejak dini deh, dari pada ntar kalo udah rusak, keluar biaya yang banyak pula buat perawatannya.

Usai bincang-bincang, aku dan peserta lainnya diajak untuk ber-pound fit ria bareng Tyna, dipandu oleh seorang instruktur yang super duper enerjik. Baru beberapa menit ikutan pound fit, napasku udah mulai ngos ngosan. Ketauan deh jarang olahraga, haha. Tapi beneran, abis itu tubuh terasa lebih seger aja, mungkin karena aliran darahnya jadi lancar gitu ya. Usai pound fit, lanjut foto bareng. Trus acara bebas deh, mau foto-foto lagi di photobooth, mau skin test, atau try on L’Oreal UV Perfect Matte & Fresh Sunscreen.   
 

Pound Fit di L'Oreal #SunnyMatte Car Free Day

Skin Test

Foto bareng
Oiya, pada hari itu L’Oreal ngasih harga khusus lho untuk produk L’Oreal Matte & Fresh Sunscreen nya, yaitu cuma 50 ribu rupiah aja. Produk L’Oreal Matte & Fresh Sunscreen bisa dibeli di Sociolla.com ya. Mengapa di Sociolla? Karena di sana aku sering dapet produk dengan harga promo gitu. Untuk tau info produk dan lainnya, kamu bisa intip Instagram @getthelookid dan @beautyjournal.


Foto: pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar