Senin, 19 Februari 2018

Tip Menyimpan Produk Kosmetik dan Skin Care

Hai hai haai… lama tak posting artikel di sini ^^. Kali ini saya ingin posting artikel mengenai tip menyimpan produk kosmetik dan skin care. Yang namanya skin care sebenarnya bukan hanya untuk wanita saja. Pria pun butuh perawatan untuk kesehatan kulit dan wajahnya. Namun tentu saja produk yang digunakan berbeda ya, karena jenis kulit yang dimiliki pria itu biasanya berbeda dengan jenis kulit wanita. Makanya sekarang banyak bermunculan berbagai produk perawatan kulit dan wajah khusus pria.

Cepat atau lamanya pemakaian produk skin care serta kosmetik tiap orang itu berbeda-beda. Ada yang awet, ada juga yang beberapa kali pakai langsung habis. Yups, karena ada yang rutin menggunakannya, ada juga yang pakainya “bila ku ingat” saja, hehe. Ada yang pakenya boros, ada juga yang pakenya tipis-tipis aja, jadinya awet deh tuh produknya. Misalnya aja nih, krim atau pelembab wajah yang oleh sebagian orang hanya digunakan saat ia akan pergi keluar rumah atau menghadiri acara aja. Ada juga yang rajin mengaplikasikan produk skin care setiap hari atau sehabis mandi. Jadi, satu produk yang sama, bisa habis dalam hitungan minggu bagi sebagian orang, ada juga yang baru habis dalam hitungan bulan bagi yang lain, haha. Yekaan :D


Nah, ngomong-ngomong tentang produk skin care dan kosmetik ini, biasanya kamu suka meletakkannya di mana sih? Jika kamu suka membaca petunjuk pada kemasan produk skin care dan kosmetik, pasti menemukan informasi bahwa sebaiknya produk dijauhkan dari cahaya matahari kan ya. Mengapa? Karena suhu yang tinggi dapat membuat kualitas produk menurun, dengan rusaknya kandungan bahan yang terdapat di dalam produk tersebut. Apalagi untuk produk yang mengandung Vitamin C, Benzoyl Peroxide, dan Retinol. So, sebaiknya hindari produk skin care dan kosmetik dari paparan cahaya matahari ya, walaupun cahayanya tidak langsung mengenai produk.

Jika produk ditaruh dalam waktu lama di dalam ruangan atau kamar yang sering terpapar cahaya matahari, sebaiknya taruh produk di dalam kotak penyimpanan atau dalam laci lemari. Jika produk tersebut sering kamu bawa-bawa, sebaiknya taruh di dalam pouch ya, agar terlindung dari cahaya matahari. 

Hmm, siapa ya yang suka meletakkan produk skin care dan kosmetiknya di dalam kamar mandi. Sebaiknya kebiasaan ini segera diubah ya, karena suhu lembab juga tidak baik sebagai tempat untuk menyimpan produk skin care, kosmetik, maupun parfum. Suhu yang panas serta lembab, sama-sama dapat merusak kandungan skin care dan kosmetik. Parfum pun begitu, jika terlalu lama berada di suhu yang lembab, aromanya dapat berubah atau berkurang.

Pernah melihat ada orang yang suka menyimpan produk skin care-nya di dalam kulkas? Nah, cara ini bisa digunakan jika kamu punya produk skin care berbahan herbal atau organik, dan tanpa kandungan pengawet. Misalnya produk eye cream, face mask, water based, dll. Layaknya kita menyimpan bahan makanan di kulkas, menyimpan produk skin care di kulkas dapat mengawetkan atau memperpanjang masa pakainya. 'Cause, cara ini dapat mencegah jamur tumbuh pada produk tersebut. Baidewei, ingat ya, untuk menaruhnya di dalam kotak penyimpanan khusus, sebelum menaruhnya di dalam kulkas, agar tidak tercampur dengan bahan makanan lainnya.

Sensasi dingin pada cream yang disimpan di kulkas saat digunakan, dapat memberikan efek sejuk dan menenangkan pada kulit lho! Bahkan dapat mengurangi kemerahan pada wajah, atau meredakan mata sembab saat menggunakan eye cream. So, ada mitos juga tentang parfum, yang katanya bisa awet wanginya jika disimpan di kulkas. Aneh kan ya? Tapi menurut informasinya, ini karena suhu dingin di kulkas dapat memperlambat reaksi kimia yang terdapat di dalam parfum, sehingga wangi parfum jadi awet saat digunakan. Haha... Saya belum pernah nyobain nih! Ntar deh dicoba :D

Oya, tapi jangan menyimpan produk skin care dan kosmetik di dalam freezer atau berdekatan dengan freezer ya. Karena jika terkena freezer, kemudian produknya jadi beku, ini dapat merusak kandungan dari produknya. Sebaiknya simpan produk skin care dan kosmetik pada suhu sekitar 4 derajat celsius.

Setelah produk skin care atau kosmetik ini digunakan, lap atau bersihkan kemasan produk ya. Jangan sampai cream atau isi produk berlepotan di bagian luar kemasannya. Kemudian tutup yang rapat. Barulah taruh ke dalam kotak khusus, dan masukkan kembali ke kulkas.

Nah, siapa yang biasa nyolek-nyolek cream pelembab atau skin care yang wadahnya berbentuk jar menggunakan jari? Ternyata nyolek-nyolek cream langsung menggunakan jari dapat mengundang bakteri lho! Sehingga produk akan mudah terkontaminasi, dan jadi mudah rusak. Sebaiknya untuk produk yang wadahnya terasa kurang higienis, atau cenderung boros saat menggunakan kemasan bawaannya, diganti saja dengan wadah yang baru. Misalnya diganti dengan wadah yang dilengkapi pompa atau spray. Banyak kok yang jual wadah-wadah untuk produk skin care ini, termasuk spatula atau aplikator untuk nyolekin cream, jika nggak mau mindahin ke wadah yang lain.

Dengan cara ini, produk skin care dan kosmetik yang kita miliki akan tahan lama. Kan nyesek rasanya jika kita sudah beli produk skin care dan kosmetik dengan harga mahal, baru digunakan setengahnya, produk sudah berubah warna atau rusak gitu. Padahal masa kadaluarsanya masih lama. Oya, perlu diketahui juga, beberapa produk skin care dan kosmetik ada yang memang harus disimpan di suhu ruangan, jadi nggak perlu disimpan di kulkas. So, biasakan membaca petunjuk di kemasannya yaa. Semoga tips ini dapat membantu kamu dalam merawat produk-produk kosmetik dan produk perawatan lainnya. :)



28 komentar:

  1. Wah, makasih banyak untuk tipsnya mbak.
    Aku sih skincare yang dipake tiap hari mah standard aja, pembersih muka dan pelembab, tapi karena sekarang udah masuk usia 40 jadi mulai nyoba pake essence dan serum, biar wajahku rada glowing kayak artis korea hehehe.

    Semuanya cuma aku geletakin gitu aja di meja rias sih mbak. Cobak ntar aku cek lagi deh, ada yang bisa aku masukin kulkas gak yah.

    BalasHapus
  2. Mpo jadi tahu ternyata ada aplikasi buat ngolesin ke pipi ya.

    Inilah yang mpo cari, tips ringan tapi bermanfaat. Asik ya masukin cream dalam kulkas. Sensasi dingin saat pemakaian

    BalasHapus
  3. saya itu mba yang suka colekin cream :D oh ini bisa bikin skin care gak awet lama ya. Siap deh mba saya ganti cara colek-coleknya :D

    BalasHapus
  4. Naah saya nih Mbak yg tipe kalau kuingat baru pakai tu skin care, hihihih. Tapi klo mau keluar rumah siih wajib ber sunscreen, heheheh.
    Klo saya biasanya nyimpennya di suhu ruang Mbak, di kamar aja gitu blm pernah nyimpan di kulkas. Yaaa skincarenya jg baru sebatas cream siang dan malam, blm yg macem2 hihihih

    BalasHapus
  5. Wow, membantu sekali ini tipsnya. Jadinya produk kecantikan kita lbh higienis dan tahan lama ya

    BalasHapus
  6. Aku termasuk yang gak apik dalam meyimpan kosmetik.
    Semoga aja gak ada yang kelewat tanggalnya atau uda berjamur, tapi tetep aku pake.
    Hiihii~

    Karena,
    Aku punya beberapa kosmetik in jar.

    Paraah banget yaa...
    Huhuu~

    BalasHapus
  7. Nah aku termasuk grup yg 'bila ku ingat' ini..jadi sering lama habis dan tahu2 sudah rusak..hiks.. TFS mba

    BalasHapus
  8. Ternyata gak boleh ya menyimpan di kamar mandi. Saya gak pernah, sih. selalu di meja rias kamar. Tapi, pernah lihat ada yang nyimpan di kamar mandi

    BalasHapus
  9. Ternyata ata tipsnya ya menyimpan produ perawatan kulit ya.. selama ini diletakknya di satu tempat saja.. meja rias dan laci meja rias.. tipsnya berguna banget ini.. supaya ngga salah lagi dalam penyimpanan produk perawatan kulit

    BalasHapus
  10. Kalau untuk produk cream in jar nih yg masih suka colak colek pakai tangan. Kadang juga masih suka sembarangan naruh produk make up sama skincare. Harus merubah kebiasaan nih. Makasih ya mba tipsnya.

    BalasHapus
  11. wah ternyta skin scare bisa disimpan di kulkas mba yah, baru tau saya hihi, nanti mau coba deh, makasih tipsnya kak

    BalasHapus
  12. Akuuu suka myimpen skincare di kulkas. Tapi kalo parfum belum pernah nyimpen di kulkas, wkwkkk. Aku skinscare makainya tiap hari, tapi yo lumayan awet lah mba, bisa abis untuk 3 bulan. Makanya harga mahal gak apa-apa karena kalo dibagi 3 bulan jatuhnya sama dengan merk yang murah itu

    BalasHapus
  13. Aku nyimpan sheetmask di kulkas biar ada sensasi dingin pas dipakai he he. Gitu jg dengan pelembab aloe veraku, simpan di kulkas biar adem.

    BalasHapus
  14. eh yang nyimpen parfum di kulkas itu beneran ya bikin awet wanginya? penasaran nih. Kami di rumah punya parfum dari Arab yang botol besar itu beberapa botol. Mau ta coba simpan di kulkas aja kali ya

    BalasHapus
  15. Wah jadi tahu nih..sy ga pernah sih menyimpan di kamar mandi. Tp pernah liat di.kamar mandinya mertua.di.simpan di kamar mandi tapi di lemari yg terlindung sih sptnya tidak lembab..kalau gitu mungkin gpp ya mba..?

    BalasHapus
  16. Aku sudah lakukan mostly tipsnya.. tapi kalau udah banyak vanity casenya juga ngg cukup hehehe. Aku banyak juga yg taruh di kulkas biar dingiin

    BalasHapus
  17. Aku selalu masukin masker, terutama sheet mask ke dalam kulkas, disamping lebih awet, sensasi dinginnya itu enaaak bangeet :)

    BalasHapus
  18. Makasih kakak Uni tipsnya , btw aku lebih suka skincare dengan bentuk tube soale kalau jar gitu harus pakai tangan dan kadang kan kita ga sadar ya tangan kita bersih atau ga.

    BalasHapus
  19. Waaahh aku salah nih, aku naruh cleanserku di kamar mandi hehe. Harapannya biar bisa segera cuci muka, abis pakai pembersih, baiklah aku pindahin deh :D TFS

    BalasHapus
  20. Ini blog baru yaaa,,, baru Tau soalnya yap bngr bngt harus teliti bust simpan scin care biar aman nti klo d pakai lg

    BalasHapus
  21. Dulu pernah dapet krim siang dan krim malam dari dokter, dan dianjurkan untuk disimpan di lemari es.
    Tapi sekarang memakai produk yang dijual di pasaran, belum pernah disimpan di kulkas. Padahal bisa lebih awet ya...
    Dan satu lagi kebiasaan saya yang ternyata salah, nyolek-nyolek krim langsung pakai tangan. Duh, padahal mengundang bakteri ya...harus beli botol berbentuk pump nih.
    Makasih sharingnya, Mbak

    BalasHapus
  22. Baru tau lho bisa simpan parfum di dalam kulkas biar awet wanginya. Harus dicoba nih ;)
    Selama ini baru menyimpan aneka masker sheet aja di kulkas. Enak pas dipakaikan ke wajah, nyeeess.... rasanya.

    BalasHapus
  23. Hai..hai akhirnya aku komen di blog ini hehehe, udah lama ya gak posting sis? Oh jadi disimpan di freezer lebih awet ya. Memang jari kamu ada apanya sih ?

    BalasHapus
  24. Wah jadi gitu ya. Aku baru tau nih cara menyimpan skincare. Trus langsung ngeliat ke kamar. Rupanya meja riasku kena cahaya matahari.

    BalasHapus
  25. iya beberapa produk emang harus diperhatikan cara penyimpanannya ya mbak. jangan sampai salah

    BalasHapus
  26. Aku pernah lihat teman produk skin care nya seperti krim siang dan krim malamnya disimpan di kulkas baru tau aku tapi nggak nanya sih gunanya apa :)

    BalasHapus
  27. Mba Uni makasih udah diingatkan, aku banget ini belepotan dibiarkan gitu aja. Nggak baik padahal ya. Siap grak buat mulai merawat produk kecantikan

    BalasHapus