Minggu, 12 Juli 2015

Waspada Saat Traveling, Jangan Simpan Barang Berharga dalam Bagasi


Dulu, duluu sekali, saya beranggapan bahwa bandara di Indonesia merupakan satu-satunya tempat paling aman dari segala bentuk tindak kriminalitas. Pengamanan yang super ketat dan berlapis-lapis, membuat transportasi udara ini menjadi salah satu pilihan saya untuk traveling (selain alasan waktu tempuhnya yang terbilang cepat).
Namun, image itu sontak buyar ketika saya mulai mendengar kabar yang tidak mengenakkan dari pengalaman teman-teman saya ketika berada di bandara. Mulai dari pemaksaan untuk membeli asuransi, jasa pembungkus koper, jasa porter, hingga koper yang rusak dan hilang.

Belum lagi beberapa tahun yang lalu, seorang artis papan atas Indonesia, Agnes Monica, lewat akun medial sosialnya, menceritakan kejadian yang menimpanya ketika berada di salah satu bandara di Indonesia. Bahwa koper miliknya yang ditaruh di bagasi, ia terima dalam kondisi gembok yang rusak.

Kasus ini sempat heboh waktu itu. Namun pihak bandara membantah kabar tersebut, dan mengatakan bahwa kejadian tersebut merupakan tanggung jawab dari maskapai penerbangannya, bukan pihak bandara. Walaupun begitu, kabar ini tetap membuat saya sedikit was-was.

Lalu ada lagi berita mengenai seorang penumpang yang kemalingan di dalam pesawat. Tas yang ditaruhnya dalam kompartemen yang terletak di atas tempat duduknya hilang. Ternyata maling sekarang sudah naik kelas, bukan lagi beraksi di bus-bus dan kereta, namun sudah mulai naik pesawat!

Bisa dipastikan, si maling ini sudah mengincar tas dari calon korbannya ini sejak di ruang tunggu. Oya, di ruang tunggu pun harus hati-hati terhadap semua barang bawaan, jangan sampai ditinggal begitu saja. Apalagi kalau di dalamnya terdapat benda berharga. Selalu bawa barang bawaanmu ke mana pun kamu pergi.

Balik lagi ke cerita keamanan barang yang kita titipkan dalam bagasi di bandara. Kemarin saya baru saja mendengar berita yang menghebohkan yang terjadi di salah satu bandara. Bahwa, koper yang dititipkan salah satu penumpang pesawat di bandara, ternyata kemalingan.

Barang berharga yang terdapat di dalam koper hilang, padahal koper dalam keadaan rapi, tidak rusak sedikitpun. Setelah diselidiki, ternyata ini merupakan ulah dari beberapa oknum yang bekerja di bandara.

Seperti yang saya kutip dari berita tersebut, bahwa oknum yang membongkar tas ini sudah bekerja sama dengan oknum lainnya yang bekerja di bagian pemeriksaan X-Ray. Sehingga mereka tahu koper mana yang menyimpan benda berharga di dalam kopernya.

Setelah itu, oknum pun menjalankan aksinya dengan cara membuka resleting koper menggunakan besi kecil seperti jarum. Setelah resleting koper terbuka, ia pun menjarah benda berharga yang terdapat di dalamnya. Selanjutnya untuk menutup kembali resleting tesebut dengan rapi, si oknum cukup menggeser resleting yang di gembok. Si pemilik koper pun tidak akan tahu bahwa kopernya habis dijarah :(

Parah banget, sekarang tidak ada yang aman. Kita lah yang harus hati-hati dan lebih waspada, dengan menjaga sendiri barang-barang bawaan kita. Sebaiknya jika harus menyimpan koper di bagasi, jangan sampai menyimpan barang-barang berharga kita di dalamnya. Taruh barang berharga di dalam tas yang selalu bersama kita.

Jikapun harus menaruh tas di atas kopartemen yang terdapat di dalam pesawat, taruhlah tas tersebut di atas kita dan terjangkau dalam pengawasan kita, sehingga tas nya bisa selalu terpantau. Atau bisa juga berjaga-jaga dengan memakaikan pembungkus koper (wrapping) yang bisa kita dapatkan di bandara. Walaupun cara ini tidak bisa menjamin seutuhnya keamanan koper kita. Tetap cara yang terbaik adalah dengan menyimpan barang berharga dalam tas yang kita bawa sendiri.

Dengan maraknya tindakan kriminal yang terjadi saat ini, apalagi di saat musim mudik, sebaiknya kita lebih berhati-hati dengan benda-benda berharga yang kita bawa, dan waspada terhadap lingkungan di sekeliling kita ya. Tak hanya saat lagi berada di Indonesia saja, di beberapa negara lain pun mesti begitu.

Meski bandara Indonesia saat ini lagi berbenah diri dengan memperbaiki sistem keamanan dan kenyamanan penumpangnya, namun tak ada salahnya tetap berhati-hati dengan barang bawaan ya. Take care yes! :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar