Jumat, 17 Oktober 2014

IdeKu Untuk PLN| Andaikan ...

3ddfc75fc38eb953e29af357c93f716f_org-berfikir



Mimpi boleh saja kan? Terkadang suatu ide yang cemerlang bahkan terlahir dari satu impian yang rasanya mustahil akan terjadi. Dahulu sekali banyak orang yang tak percaya bahwa manusia bakal bisa sampai ke bulan. Namun dari impian ingin bisa pergi ke bulan itulah satu ide atau pemikiran lahir. Suatu tekad yang bulat membuat impian itu bisa terwujud!


Begitu juga dengan impianku. Aku adalah seorang pecinta lingkungan. Aku senang bisa melihat bumiku sehat dan terawat. Namun akibat ketidak pedulian para penghuninya, bumi pertiwi terlihat menderita. Wajah hutan yang gundul, sungai yang kotor, polusi udara tingkat akut dan sampah dimana-mana merupakan pemandangan yang terlihat lazim saat ini, terutama di ibu kota.


Onggokan sampah yang menjulang tinggi selalu jadi pemandangan yang sering ku temui. Hanya lalat dan pemulung yang nampak mengerubuti. Beberapa dari sampah ini memang ada yang bisa di daur ulang sehingga bisa dimanfaatkan lagi. Namun itu tak seberapa dibandingkan sisa yang tidak bisa diapa-apakan lagi, selain dibakar dan ditimbun.


Setiap aku melewati tumpukan sampah ini, berbagai ide melintas dipikiranku. Seandainya semua sampah ini bisa dimanfaatkan lagi, paling tidak lebih dari separuhnya. Dan entah mengapa pikiranku langsung tertuju pada permasalahan listrik di tempat tinggalku, seperti pemadaman listrik. Jika pemadaman listrik terjadi karena masalah kerusakan gardu dan sejenisnya, itu merupakan suatu kesalahan teknis yang mungkin hingga saat ini berusaha ditanggulangi dan diminimalisir oleh PLN.


b66f1bb5bf7ef372955300b62855088d_sampah


Namun di beberapa tempat seperti Sumatera, listrik kadang terganggu karena kekurangan sumber energi dari PLTA. Nah, ide ini lah yang terlintas dibenakku. Andaikan semua sampah-sampah ini bisa diolah dan diubah menjadi sumber energi bagi PLN, alangkah senangnya :)


Aku tidak tahu apakah sudah ada alat yang bisa merubah sampah menjadi sebuah sumber energi. Andaikan ada.... Pasti aku tidak akan menemui tumpukan sampah di setiap jalan yang kulalui. Selain itu, PLN pun mungkin tidak akan butuh modal yang banyak untuk bisa mengadopsi sampah-sampah tersebut dari jalanan.


Jika belum ada alat yang bisa mengolah dan mengubah sampah menjadi suatu energi, PLN bisa mengadakan sebuah lomba ilmiah. Mungkin saja ada bibit -bibit bangsa yang bisa menelurkan alat tersebut. Andaikan saja ....


Andaikan itu terjadi, mungkin wajah bumi bisa sedikit berseri. PLN dengan ide keren seperti Listrik Pintar yang sudah diluncurkannya bisa menjadi lebih ramah lingkungan dan dunia ku tetap terang :)


Impianku ini adalah IdeKu Untuk PLN, yang saat ini hanya bisa kucurahkan lewat untaian kata di sebuah blog. Dan aku berharap impian ini suatu saat bisa jadi kenyataan. Amin.







Referensi Gambar :


- www.banksampahdepok.blogspot.com atau klik pada gambar


- www.kaskus.co.id atau klik pada gambar



Tidak ada komentar:

Posting Komentar