Sabtu, 17 Mei 2014

Kopdar Oraboo: Media Sosial & Bisnis

18 Mei 2014,bertempat di Museum Sumpah Pemuda, Kramat Jakarta sebuah komunitas bernama Oraboo mengadakan acara kopdar bareng para blogger. Acara ini mengusung tema bagaimana berbisnis dengan memanfaatkan lahan media sosial yang ada.


Hadir sebagai nara sumber mba Ani Berta yang merupakan blogger yang sudah banyak pengalaman dalam dunia per-blog-an :)


Setelah di buka dengan kata sambutan dari pihak Oraboo yaitu mas Sandy yang memberi penjelasan tentang apa itu Oraboo. Acara dilanjutkan dengan ulasan dari mba Ani yang berbagi informasi bagaimana caranya agar kita bisa menghasilkan 'sesuatu' dengan memanfaatkan media sosial online yang kita miliki.


Eh iya, sedikit informasi tentang Oraboo nih! Oraboo adalah singkatan dari Ora-Boong yaitu sebuah forum komunitas online yang memberikan 100% informasi, bukan gosip :) Informasi yang dibagi bisa berupa informasi tentang blog, photography dan banyak lagi lainnya.


Sosmed sebagai fungsi sosial yaitu sebagai sharing informasi, networking, sharing ide, jadi jembatan bagi kepentingan orang lain yang membutuhkan, kampanye sosial dan edukasi. Mba Ani juga menceritakan pengalamannya sendiri, bagaimana ia selama ini sudah mendapatkan banyak manfaat dari ngeblog dan juga media sosial lainnya seperti Twitter dan Facebook.


Untuk mendapatkan follower di media sosial seperti Twitter bisa dengan cara mengadakan kuis. Hadiahnya pun tidak musti yang mahal-mahal, cukup pulsa 10 ribu :D


Job yang kita dapatkan dari media sosial bisa berupa promo produk dan jasa, live report acara, promo dengan upload foto dan menggunakan hastag. Sedangkan bahan untuk buzzing twitter bisa dari konten liputan acara, brief dari advertiser, press release dan paparan dari nara sumber.


Aktif berkicau dan aktif berinteraksi dengan follower, rajin ngetwit, dan ikut live twit menjadi salah satu kiat untuk mendapatkan job via twitter.


Ada tips juga dari mba Ani agar akun media sosial kita bisa di lirik oleh brand atau advertiser adalah dengan cara menggunakan nama akun yang tidak alay, cantumkan akun twitter di kartu nama, follow dan interaksi dengan brand. Setelah menerima job usahakan konsisten update dan tetap jaga komunikasi dengan klien.


Etika dalam nge-buzzer adalah dengan menjaga kepercayaan klien, tidak iklan sembarangan, tepat waktu laporan dan tidak mempromosikan kompetitor dari klien.


Banyak sekali uraian dari mba Ani yang dapat dipetik manfaatnya buat peningkatan akun media sosial yang saya punya. Terima kasih mba Ani :)


Seru banget nih acaranya! Bisa nambah ilmu mengenai media sosial. Nambah komunitas yaitu Oraboong.com dan satu lagi informasi menarik pada acara yang di sponsori oleh GeraiCNI.com , CNI Kopi Ginseng yaitu ketika kita disuguhi dengan minuman yang terasa nikmat, ternyata itu adalah minuman dari sponsor :)


Senangnya bisa ikut acara kopdar bareng komunitas begini, banyak ilmu yang di dapat dan tentunya sangat bermanfaat untuk saya. Semoga banyak lagi acara-acara seperti ini di kemudian hari yah! :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar