Senin, 24 Maret 2014

Bergaya Hidup Sehat ala Chef Kong's

Sekarang bukan hanya kaum hawa saja yang peduli dengan masakan yang sehat, namun kaum adam pun sudah mulai melirik dan juga peduli dengan masakan yang sehat. Di berbagai media sering diberitakan bahwa banyak berbagai penyakit yang ditimbulkan salah satunya karena masakan yang tidak sehat.



Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat akan membuat tubuh mudah di serang penyakit.Makanan yang umumnya kita konsumsi sehari-hari pastinya mengandung lemak, namun lemak tak selamanya buruk bagi tubuh asalkan kadar lemak yang kita peroleh dari berbagai sumber makanan tak melebihi batas normal. Banyak mengonsumsi makanan yang tinggi lemak atau lemak jenuh akan membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Jadi bagaimana caranya agar kita bisa terhindar dari penyakit ini? Salah satunya adalah dengan hati-hati dalam memilih makanan yang akan kita konsumsi, apalagi jika kita makan makanan luar, yang kita sendiri tidak tahu bagaimana proses memasak makanan tersebut atau apakah bahan yang di pakai untuk memasak tersebut segar atau tidak.


Jika bisa, lebih baik lagi bila kita memasak sendiri makanan yang ingin kita konsumsi. Selain kita bisa memilih bahan yang segar, kita juga bisa memasak makanan dengan cara yang lebih sehat, proses yang bersih dan sesuai dengan selera kita :)


***


Nah, kemarin saya dapat undangan sebuah acara demo memasak dengan tema 'Bergaya Hidup Sehat Bersama Chef Kong's' yang diadakan di Foodmart Cilandak Town Square. Saya langsung tertarik dong! :) Penasaran, bergaya hidup sehat seperti apa sih yang akan di demo oleh Chef Kong's, yang ternyata merupakan salah satu kaum adam yang peduli terhadap cara memasak yang sehat.


Sesampainya di tempat acara, terlihat beberapa kursi yang disediakan panitia acara sudah diduduki oleh pengunjung yang rata-rata perempuan. Saya pun memilih untuk duduk dibagian paling depan agar bisa melihat proses demo memasak dengan lebih jelas.


Ketika acara di mulai, sang Chef pun memperkenalkan diri, dengan menceritakan bahwa nama Kong's sebenarnya bukanlah nama aslinya. Nama Kong's didapatkannya ketika ia masih duduk di bangku SMP, dimana waktu itu di dalam kelasnya ada 2 orang anak lain yang memiliki nama yang sama dengan dirinya, yaitu Rendy. Maka untuk mempermudah memanggil nama masing-masing dari mereka, maka Chef Kong's pun di beri panggilan Kong's sesuai dengan perawakannya yang tinggi besar seperti kingkong :D *maaf ya chef :)


Ehm, lanjut ke cerita memasak nih! Kali ini chef Kong's ingin memberikan 3 resep masakan untuk kita. Pertama Steamrum Marlin, kedua Ayam cabe Ijo dan yang ketiga Dorayaki Ubi Ungu.


Untuk resep pertama yaitu Steamrum Marlin, berbahan dasar ikan Marlin atau bisa juga diganti dengan ikan fillet jenis lain. Semua bahan seperti ikan, tofu, bawang putih, irisan tomat dan bumbu-bumbu lainnya dimasukkan ke dalam sebuah wadah. Lalu wadah di tutup dengan alumunium foil dan di masukkan dalam microwave. Untuk wadahnya Chef Kong's menggunakan Lock & Lock Glass karena kata chef, wadah Lock & Lock Glass ini bisa kita masukkan langsung ke dalam oven tanpa pecah dan tahan sampai dengan suhu 400 derajat Celcius.






[caption id="attachment_556" align="aligncenter" width="300" caption="Lock&Lock Glass, sebelum dan sesudah dimasukkan ke dalam microwave, tidak pecah lho!"]Lock&Lock Glass, sebelum dan sesudah dimasukkan ke dalam microwave, tidak pecah lho![/caption]

Lock & Lock Glass juga tahan terhadap suhu yang ekstrim, misalnya jika Lock & Lock Glass kita letakkan dalam kulkas, lalu dalam keadaan dingin kita keluarkan dari kulkas, tanpa perlu di diamkan terlebih dahulu, Lock & Lock Glass bisa langsung kita masukkan dalam kukusan atau oven/ microwave begitu pun sebaliknya. Kok bisa yaa? Ternyata Lock & Lock Glass terbuat dari bahan borosilicate yang tahan terhadap suhu panas dan suhu dingin dalam waktu yang bersamaan. Selain ringan, dengan heat-resistant glass membuat Lock & Lock Glass aman digunakan karena tidak mudah retak ataupun pecah dengan tiba-tiba.

Terus kata chef Kong's lagi, selain aman dan sehat karena terbuat dari bahan yang tidak berbahaya, tampilannya yang elegan membuat Lock & Lock Glass juga lebih praktis dalam penggunaannya, karena kita bisa menyajikan masakan dari oven langsung tanpa harus memindahkan lagi ke wadah yang lain :)


Untuk resep pertama ini saya tidak bisa mencicipinya karena saya alergi terhadap ikan, namun dari tampilan yang menarik (seperti sup kalau saya perhatikan) bisa di pastikan rasanya enak *langsung memandang kepada pengunjung yang terlihat asyik menikmati :d





[caption id="attachment_554" align="aligncenter" width="410" caption="Steamrum Marlin"]Steamrum Marlin[/caption]

Lanjut ke resep kedua yaitu Ayam Cabe Ijo. Kali ini chef Kong's menggunakan panci e Cook Deco untuk memasak ayam negeri yang merupakan bahan utama dari masakan ini. Kenapa harus e Cook Deco Chef ? Coba perhatikan dulu deh! kata Chef kong's. Setelah mengaduk ayam negeri yang telah di potong-potong dengan bumbu merica, kecap ikan dan gula. Chef Kong's pun memanaskan panci e Cook Deco tanpa minyak goreng lho! Lalu setelah panci e Cook di rasa sudah panas, chef pun memasukkan ayam tersebut ke dalam panci. Aroma wangi segera menguar di seluruh ruangan. Saat itu saya perhatikan chef memasang api besar pada kompor. Apa nggak hangus ayamnya yaa? terus biasanya kalau saya masak di rumah akan lengket deh tuh! apalagi chef saya lihat tidak menggunakan minyak goreng tadi.





[caption id="attachment_558" align="aligncenter" width="385" caption="e Cook Deco tidak lengket ketika memasak ayam walaupun tidak menggunakan minyak goreng"]e Cook Deco tidak lengket ketika memasak ayam walaupun tidak menggunakan minyak goreng[/caption]

Menunggu ayam matang, chef pun membuat bumbu cabe ijo-nya. Bahan untuk membuat cabe ijo menggunakan 3 jenis cabe yaitu cabe ijo, cabe merah dan cabe matah, yang kemudian di masak menggunakan panci e Cook keramik.


Chef yang murah senyum itu pun memamerkan panci yang digunakannya untuk menggoreng ayam yang telah matang di masak pada pengunjung. Dan ternyata tidak ada tanda-tanda lengket sedikit pun pada panci tersebut. Ketika saya mencoba icip-icip, rasa ayamnya ternyata yummi dan empuk sampai kedalam. Hebat!






[caption id="attachment_559" align="aligncenter" width="410" caption="Ayam Cabe Ijo"]Ayam Cabe Ijo[/caption]

Chef pun menjelaskan itulah sebabnya ia menggunakan e Cook dari Lock & Lock, tidak lengket. Lalu masakan juga lebih sehat karena kita bisa memasak tanpa mengunakan minyak goreng dan tentu saja tidak akan menyebabkan lengket pada panci. e Cook ini terdiri dari dua kategori yaitu ada e Cook Deco dan e Cook Keramik.

e Cook Deco punya tampilan dengan permukaan panci yang hitam seperti teflon (tapi bukan teflon), tidak gampang mengelupas walaupun menggunakan sutil besi (dengan penggunaan yang wajar dan tidak ekstrim tentunya), lalu yang paling penting adalah anti lengket walaupun tanpa minyak sekalipun! :)


Sedangkan e Cook Keramik punya penampilan yang terang. Dengan warna putih seperti keramik karena memang terbuat dari keramik pada permukaannya dan warna-warna menarik yang bisa dipilih sesuai keinginan untuk bagian bawah pancinya. Memasak menggunakan e Cook Keramik jelas lebih sehat karena free P.F.O.A atau alat masak yang bebas oksidasi.





[caption id="attachment_560" align="aligncenter" width="410" caption="e Cook Keramik"]e Cook Keramik[/caption]

Sama seperti e Cook Deco, e Cook Keramik ini juga anti lengket walaupun tanpa minyak sekalipun, bagian bawah panci yang tahan panas tinggi, anti gores, kuat dan mudah dibersihkan. Perbedaanya dengan e Cook Deco cuma pada saat kompor di matikan e Cook Keramik masih menyimpan panas lebih lama ketimbang e Cook Deco. Keren yah! :)


Terus untuk resep yang ketiga, Dorayaki Ubi Ungu. Chef Kong's mencampur tepung terigu, tepung ubi ungu, kelapa parut, santan, ragi dan gula ke dalam sebuah wadah. Setelah di aduk merata, adonan di diamkan sesaat, sampai adonan sedikit mengembang. Lalu Chef memasukkan kira-kira dua sendok adonan ke dalam panci e Cook Keramik yang telah di panaskan sebelumnya (Panci e Cook dari Lock & Lock ini proses pemanasannya lebih cepat dan merata). Masak dengan api kecil. Setelah adonan di rasa matang dan tidak basah lagi, angkat dan siram dengan madu atau gula cair, sesuai selera.





[caption id="attachment_561" align="aligncenter" width="410" caption="Memasak Dorayaki Ubi Ungu menggunakan e Cook Keramik"]Memasak Dorayaki Ubi Ungu menggunakan e Cook Keramik[/caption]




[caption id="attachment_562" align="aligncenter" width="409" caption="Dorayaki Ubi Ungu"]Dorayaki Ubi Ungu[/caption]

Senangnya bisa ikutan dalam acara ini, selain icip-icip masakan dari Chef Kong's, dapat resep masakan yang praktis, dapat juga ilmu bergaya sehat dalam memasak. Eh, selain itu saya juga bersyukur, beruntung bisa mendapatkan e Cook Keramik dari Lock & Lock. Penasaran banget pengen cepat-cepat mencobanya di rumah. Terima kasih Chef Kong's dan Lock & Lock :)





[caption id="attachment_563" align="aligncenter" width="410" caption="Bersama Chef Kong"]Bersama Chef Kong's[/caption]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar