Selasa, 25 Februari 2014

Masak Sehat ala Chef Kongs

Pagi ini langit terlihat tidak begitu bersahabat denganku. Ah, padahal banyak acara yang harus ku hadiri hari ini. Ada acara kondangan, ada acara kopdaran dengan komunitas dan yang tak kalah menariknya adalah acara demo masak yang diadakan di Carrefour Lebak Bulus siang nanti. Hmm...mudah-mudahan saja warna langit akan berubah nanti, do'a ku dalam hati.


Dengan langkah yang penuh dengan semangat pagi, aku pun langkahkan kaki menuju acara yang pertama. Syukurlah, walaupun ditemani gerimis, acara pertama bisa berlangsung dengan lancar. Aku pun tak sabar melanjutkan langkahku untuk menuju acara kedua yang sangat menarik minatku yaitu demo masak. Bagaimana tidak, aku yang hobi dengan masak memasak ini tidak akan melewati kesempatan untuk bisa melihat demo memasak. Tapi awan mendung sepertinya masih setia nongkrong di wajah langit :(


Di temani dengan tiga orang sahabat Emak-Emak Blogger lainnya yang kebetulan mempunyai tujuan yang sama, kami pun dengan semangat melanjutkan perjalanan menuju Lebak Bulus. Namun apa di kata, di tengah perjalanan hujan deras mengucur deras dari mulut langit. Dengan langkah terseok-seok dan semangat yang mulai memudar, kami menuju ke kendaran umum yang mangkal di perempatan jalan. Dingin, basah, lelah dan make-up yang sudah luntur menghiasi wajah kami :(


Syukurlah, ketika roda kendaraan mulai memasuki kawasan Cilandak, hujan mulai mereda. Dan kami pun menjejakkan kaki di lapangan parkir Carrefour Lebak Bulus dengan selamat :)


Dengan langkah yang terburu-buru, aku dan teman-teman mulai mencari lokasi tempat Demo Masak diadakan. Yah, aku memang datang terlambat. Acara yang akan diadakan jam 2 siang, hanya mampu ku sanggupi sekitar jam 3 kurangan gitu. Tak apa-apalah yang penting aku masih sempat melihat Chef-nya masak :)


Ternyata memang benar! Chef-nya sedang masak ketika tubuhku akhirnya bisa nangkring manis di bangku yang sudah disediakan untuk pengunjung. Aroma masakan membuat perut ku mulai meronta. Cuaca yang dingin dan lelah yang mendera ternyata mempengaruhi nafsu makanku :D


Dan Chef-nya ternyata sedang memasak resep yang terakhir..hiks. Yah, aku ketinggalan resep yang sebelumnya deh! :( Oh ya belum tahu ya nama Chef-nya siapa? Namanya Chef Kongs, orangnya ramah dan humoris :)





[caption id="attachment_514" align="aligncenter" width="460" caption="Chef Kongs"]Chef Kongs[/caption]

Setelah tanya kiri kanan, ternyata resep yang dimasak Chef Kongs hari ini adalah Paceng, masakan khas Palembang dan Ayam Cabe Ijo. Resep pertama lebih seperti pancake gitu, sedangkan resep Ayam Cabe Ijo adalah ayam yang dimasak dan dilumuri dengan bumbu cabe ijo.





[caption id="attachment_516" align="aligncenter" width="400" caption="Paceng"]Paceng[/caption]





[caption id="attachment_515" align="aligncenter" width="400" caption="Ayam Cabe Ijo"]Ayam Cabe Ijo[/caption]

Dalam memasak, selain di temani dengan bumbu-bumbu, Chef Khong juga ditemani oleh Lock&Lock. Eh kalau bumbu-bumbu sih wajar ya, namanya juga koki. Nah kalau Lock&Lock kenapa ya? Kan masih banyak merk lain yang lebih keren! *bingung.



Masih dalam keterbingunganku, sang Chef pun bercerita, bahwa Lock&Lock punya produk wajan yang canggih, namanya E-Cook. Wajan dari Lock&Lock dengan bahan duco keramik dan satunya lagi wajan berbahan duco biasa. Untuk E-Cook keramik, panasnya merata keseluruh permukaan wajan dan suhu panasnya juga bertahan lama di wajan saat kompor dimatikan. Jadi kalau kita memasak tidak akan lengket walaupun tidak menggunakan minyak. Makanan yang diproses jauh lebih sehat dan kita juga bisa ngirit minyak, terang Chef Kongs.




a571ca974bf01a4e98ad35419ec747be_1973207_10202493174842941_492023537_o

32fd2c690c384a846e65d9994fcefb4d_1614128_10202493162722638_2146114243_o

[caption id="attachment_524" align="aligncenter" width="400" caption="Chef Kongs masak menggunakan E-Cook"]Chef Kongs masak menggunakan E-Cook[/caption]

Memang benar sih, tadi pas aku baru datang, aku sempat lihat Chef Kongs lagi masukin ayam ke wajan E-Cook keramik tapi di wajan nggak ada minyaknya sama sekali. Sempat heran juga tadi, kok nggak pakai minyak ya? Apa nggak lengket, gumamku. Ternyata ketika di masak ayam tersebut mengeluarkan minyak dan hanya dengan minyak dari ayam tersebutlah ayam itu di masak. Dan ketika Chef Kongs mengeluarkan ayam yang telah dimasak dari wajan, memang nggak ada bekas-bekas yang lengket di wajannya. Trus ketika aku icipi 'Ayam sambal cabe ijo'nya, rasanya nikmat dan dagingnya juga empuk sampai kedalam! Wah, hebat banget nih!


Ada lagi nih, produk mangkok yaitu Lock&Lock Glass yang terbuat dari bahan boroseal (boron trioxide dan silicon dioxide ) yang tahan terhadap suhu ekstrim sekalipun (tahan terhadap suhu panas dan suhu dingin pada waktu bersamaan) dan ini bisa tahan dari panas sampai dengan suhu 400 derajat lho! Wow, keren yah! :)


7fa7630b2256ee2fb8d4c4a7f13f6edd_1801250_10202493244724688_1528633009_o





[caption id="attachment_521" align="aligncenter" width="400" caption="Makanan yang dimasak dengan cara di oven menggunakan mangkok dari Lock&Lock"]Makanan yang dimasak dengan cara di oven menggunakan mangkok dari Lock&Lock[/caption]

Chef Kongs pun bercerita bahwa ia sudah menggunakan wajan Lock&Lock selama lebih kurang satu tahunan, dan wajannya masih tetap awet tanpa ada lecet ataupun terkelupas. Sesehat-sehatnya bahan makanan jika tidak dimasak dengan cara yang sehat, sama saja dengan tidak sehat, celetuk Chef Kongs lagi.


Ibu yang cerdas tentu saja akan memikirkan bagaimana cara memasak hidangan yang sehat untuk dirinya dan juga keluarganya. Dan wajan E-Cook keramik dari Lock&Lock mungkin jadi salah satu solusi untuk ibu-ibu atau para wanita ataupun yang hobi memasak agar bisa memasak makanan dengan cara yang lebih sehat. Selamat memasak sehat yaa... :)





[caption id="attachment_519" align="aligncenter" width="500" caption="Kumpulan Emak-Emak Blogger bersama Chef Kongs"]Kumpulan Emak-Emak Blogger bersama Chef Kongs[/caption]


Sumber Foto : Mak Dwina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar