Jumat, 14 Februari 2014

4 Langkah Mudah Stimulasi Dini Untuk Si Buah Hati

5987916ca4a0108b146fd7ea166cb1a0_150220143960


Semua keluarga pastilah mendambakan buah hatinya bisa tumbuh sehat dan cerdas, tak terkecuali saya. Saya sangat menginginkan agar anak saya kelak bisa tumbuh dengan sehat, baik secara fisik maupun rohani dan punya kemampuan otak yang luar biasa :)


Namun untuk mendapatkan semua itu, selain dengan berdo'a tentu juga dengan usaha dong ya :) Dan semua di mulai sejak awal perencanaan kehamilan. Saya pun mulai bertanya sana sini, melakukan konsultasi dengan ahlinya, searching di internet, sampai berburu buku dan majalah yang terkait dengan kehamilan.


Dan dari semua pencarian saya itu, dapat saya simpulkan bahwa untuk di tahap awal kehamilan, yang terpenting adalah menjaga kondisi fisik dan juga pikiran saya. Menjaga makanan yang sehat, bergizi dan bernutrisi bagi kesehatan saya dan janin, juga selalu berusaha menghindari capek dan stres yang berlebihan dengan mengontrol pekerjaan, emosi dan memperbanyak refresing dan yoga. Dan tak lupa, selalu periksakan kehamilan secara rutin.


Semua itu terus saya lakukan secara berkesinambungan disesuaikan dengan tahapan-tahapannya, sampai kehamilan saya menginjak usia 9 bulan. Dan syukurlah, akhirnya saya melahirkan anak secara normal dan sehat. Kebahagiaan yang tak terhingga bagi saya, yang sekarang telah menjadi seorang ibu :')


Setelah itu apa yang harus dilakukan ibu untuk tetap menjaga agar bayinya tumbuh sehat dan cerdas?


***


Seorang praktisi Neurosains Terapan, Ibu Anne Gracia pada acara talk show bersama Zwitsal, 20 November 2013, menjelaskan bahwa selain nutrisi yang lengkap, bayi baru lahir perlu stimulasi untuk membantu kematangan struktur otak dan system saraf, yang merupakan kunci sukses tercapainya kecerdasan di masa belajar. Perkembangan maksimal otak anak adalah terjadi pada 4 tahun pertama kehidupannya, di mana dalam periode tersebut sel-sel otak berkembang dan mencapai 80% dari potensinya.


Ketika bayi dilahirkan, otak belum berfungsi sepenuhnya. Otak akan terus berkembang setelah bayi dilahirkan. Namun, fungsi otak belum bekerja dengan maksimal karena jalinan saraf antar sel otak yang belum padat. Dengan stimulasi dini, sel-sel otak ini dirangsang agar berkembang dengan baik dan diperoleh hasil yang maksimal.


Melalui neurosains yaitu ilmu yang mempelajari tentang otak dan seluruh fungsi-fungsi saraf, otak dapat dioptimalkan dengan cara pemberian rangsangan secara seimbang.



7 Sistem Sensorik Yang Harus Distimulasi


Sistem sensorik adalah bagian dari sistem saraf yang menerima rangsangan dari lingkungan internal maupun eksternal. Sistem ini juga menyalurkan informasi ke otak dan bagian otak yang bertugas mengolah informasi tersebut. Informasi yang di olah oleh system sensorik salah satunya berupa stimulus. Berikut 7 sistem sensorik yang harus distimulasi, yaitu :




  1. Taktil (Perabaan) : stimulasi berhubungan dengan indera peraba berupa stimulasi rangsang taktil melalui sentuhan dan tekanan.

  2. Vestibular (Keseimbangan) : stimulasi ini berhubungan dengan rangsangan pada keseimbangan tubuh. Kegiatan yang dapat dilakukan misalnya dengan memberi rangsangan pada anak dengan ayunan.

  3. Propioseptif (Gerak antar sendi) : stimulasi ini berhubungan dengan rangsangan pada semua persendian tubuh.

  4. Penciuman : stimulasi ini berhubungan dengan rangsangan pada penciuman dan aroma.

  5. Visual : stimulasi ini berhubungan dengan rangsangan pada indera penglihatan.

  6. Auditori : stimulasi ini berhubungan dengan rangsangan pada indera pendengaran.

  7. Pengecapan : stimulasi ini berhubungan dengan rangsangan pada indera pengecap.



Mengingat pentingnya stimulasi dini pada bayi, berbagai cara perawatan telah saya lakukan pada sang buah hati. Seperti memijat telinganya dengan lembut saat memandikan, memijat perut dan punggungnya ketika mengoleskan minyak telon dan mengajaknya bercakap-cakap. Namun saya belum mengerti benar, bagaimana cara menstimulasi dengan cara yang benar dan dengan hasil yang maksimal.



Hingga kemudian Zwitsal memperkenalkan cara baru stimulasi dini dengan produk Baby Spa-nya. Apaan sih Zwitsal Baby Spa ini?


Zwitsal Baby Spa merupakan rangkaian perawatan bayi yang diperkaya dengan langkah-langkah stimulasi untuk saraf yang bertujuan menunjang perkembangan dan kematangan system saraf dan ini merupakan metode yang sangat praktis, yang dapat digunakan untuk memperkaya ritual bayi sehari-hari.



Berikut 4 langkah mudah Zwitsal Baby Spa



Langkah 1. Pijat Sehat



7f6135847bc0d7e288d922113bfcfc01_150220143963

Pijat sehat bertujuan untuk menstimulasi kematangan saraf bayi agar mampu mendukung proses belajarnya kelak.


Pijat sebagai metode perawatan tubuh bayi dengan cara memberikan sentuhan dan tekanan, dengan menggunakan gerakan anggota tubuh pada jaringan lunak (kulit, otot dan saraf), akan memberikan efek stimulasi, relaksasi, melancarkan peredaran darah dan peredaran limfa (getah bening)


Gunakan : Zwitsal Natural Baby Oil with Aloe Vera + Vit E agar kulit bayi tetap lembut saat dipijat.


8e2763a6f7bb829d360efbf31b781bc4_zwitsal-baby-oil-natural-100-ml


Persiapan pemijatan




  • Siapkan tempat pemijatan dengan permukaan yang rata dan bersih. Gunakan handuk lebar dan lembut sebagai alas agar bayi nyaman berbaring di atasnya.

  • Ganjal alas bayi dengan lipatan handuk, diletakkan di bawah posisi kepala, agar terjadi kemiringan. Ini agar kita mudah dan leluasa memijat bayi, serta menjaga otot jari dan pergelangan tangan hingga lengan tidak kaku. Otot yang lentur akan memberi tekanan pijatan yang tepat. Dan kita juga bisa lebih sigap menjaga bayi yang mungkin bergerak saat pemijatan.





  • Pijat Wajah


91306286e91e3b6882739ca97e5b1c71_pijat-wajah

  1. Angkat bagian belakang kepala bayi dengan kedua tangan bunda, usap-usap dahinya dengan ujung jari.

  2. Lalu usap mulai dari puncak tulang hidungnya menyeberang ke kedua pipi.

  3. Terus pijat dagunya dengan membuat lingkaran-lingkaran kecil.

  4. Beri pijatan lembut dengan ibu jari di dahi atas alis. Perhatikan agar tekanan pijatan berhenti pada ujung alis dibagian dahi yang keras dekat pelipis. Saat memijat gunakan bagian ruas jempol tanpa menekan kelopak mata bayi.

  5. Tekan lembut disamping hidung mulai sudut dalam mata hingga dekat cuping hidung, diakhiri dengan tambahan tekanan. Lalu kembali ke posisi pangkal hidung.

  6. Beri tekanan lembut di bawah hidung di atas bibir

  7. Pijat dengan gerakan melingkar di pipi mulai dari sudut bibir ke arah telinga bagian depan cuping telinga, jari telunjuk kemudian ditarik kembali ke arah sudut bibir dan jari tengah diletakkan di bawah rahang untuk memberi tekanan lembut pada kelenjar di bawah rahang.

  8. Selesaikan pijatan area wajah dengan 4 titik tekanan di cuping telinga.

  9. Dengan posisi bayi tetap telentang, pindahkan jari bunda kebagian tengkuk dengan memberi awalan tekanan pada 1 titik di leher bagian atas belakang, lanjut dengan tarikan lembut ke pundak dan bahu.



  • Pijat Dada


7313e71bfa85b38f94f0fa754d22b81f_pijat-dada

  1. Urut dada bayi dari bawah lekukan leher, menuju ke atas perut membentuk huruf I

  2. Urut bagian perut dengan membentuk tanda hati yang di mulai dari atas perut hingga kedua telapak tangan bertemu dibawah perut.

  3. Urut dari kanan bawah perut bayi, lalu naik ke kanan atas perut bayi, hingga hampir menyentuh rusuk bawah kanan, lanjutkan mendatar di bawah area lambung hingga ke area menjelang pinggang kiri, kemudian turun ke bawah kiri. Dapat ditambahkan tarikan dari arah pinggang belakang kiri ke arah pinggang depan bawah kiri, seolah-olah melengkung membentuk huruf U.



  • Pijat Lengan


5d8fce3e3510b8712371239b192ca97b_pijat-lengan

  1. Di mulai dari bahu, remas lembut ke lengan atas, lakukan gerkan memutar seperti meremas agar lengan berputar sedikit pada poros sendi bahu.

  2. Turun meremas ke lengan bagian bawah

  3. Pegang pergelangan tangan bayi dengan satu tangan dan tepuk-tepuk sepanjang lengannya dengan tangan yang lain

  4. Pijat turun naik mulai dari ujung bahu sampai ke pangkal lengan.

  5. Lakukan putaran remasan lembut di pergelangan tangan.

  6. Pijat telapak tangannya terutama di bawah pangkal jari dan tekan, lalu tarik setiap jari. Ulangi pada lengan yang lain.



  • Pijat Kaki


7a78227765013d3c041b4ae6035155a4_pijat-kaki

  1. Letakkan ibu jari di pangkal paha dan beri tekanan, tarik ke bawah, lalu lanjutkan dengan gerakan di paha.

  2. Pegang kedua kaki bayi dengan satu tangan dan tepuk-tepuk sepanjang tungkainya dangan tangan yang lain.

  3. Lakukan gerakan meremas mulai paha hingga lutut. Berikan tekanan dengan gerakan jempol memutar ke arah dalam pada lutut. Teruskan gerak meremas di betis.

  4. Pijat telapak kakinya dan tarik setiap jari jemarinya. Gunakan jempol anda untuk mengusap bagian bawah kakinya mulai dari tumit sampai ke kaki dan pijat di sekeliling pergelangan kakinya dengan pijatan-pijatan kecil melingkar.

  5. Sementara bayi telentang, pegang kedua kaki dan lututnya bersama-sama dan tempelkan lutut sampai perutnya.

  6. Pegang kedua kakinya dan lututnya dan putar dengan gerakan melingkar, ke kiri dan ke kanan, untuk melemaskan pinggulnya. Gerakan ini juga bermanfaat untuk menyembuhkan sakit perut.



  • Pijat Punggung


db3a116ab071c943b0467f0dfe4dd0a0_pijat-punggung

  1. Telungkupkan bayi, gerak-gerakkan kedua tangan anda naik turun mulai dari atas punggungnya sampai ke pantatnya. Lakukan pijatan dengan membentuk lingkaran kecil di sepanjang tulang punggungnya.

  2. Lengkungkan jari jemari anda seperti sebuah garpu dan garuk punggungnya ke arah bawah.

  3. Berikan tekanan dengan telapak tangan di area bokong melingkar ke dalam untuk kelenturan panggul.



Langkah 2. Mandi Ceria



434d5fefea02f7a83538119c9d75e91c_150220143951

Selesai melakukan Pijat Sehat, bayi siap dimandikan. Selain untuk mendukung kebersihan bayi, menutrisi, memelihara kulit dan rambutnya, mandi ceria juga dapat menstimulus bayi karena saat dilakukan mandi ceria terjadilah perubahan suhu di luar dan di dalam tubuhnya yang akan merangsang sensitivitas pembuluh darah kapiler (bagian ujung saraf dipermukaan kulit)


Gunakan : Zwitsal Natural Baby Bath 2-in-1 Hair & Body dan Zwitsal Natural Baby Shampoo Aloe Vera, kemiri, Seledri yang berkhasiat untuk membersikan dan menutrisi kulit kepala agar rambut si kecil terlihat lebih hitam dan tebal, serta tidak pedih di mata dan teruji Hypo-Allergenic


644659bf09a1e46870c1cc72e93e31ba_mandi-ceria


Panduan Melakukan Mandi Ceria




  • Letakkan bayi diatas perlak, perlahan buka seluruh bajunya.

  • Perlahan masukkan bayi kedalam bak berisi air hangat. Pegang punggun dan leher bayi dengan tangan kiri.

  • Awali dengan membasuh wilayah kepala dan bagian atas tubuh bayi. Bersihkan rambut bayi dengan sampo. Bilas kepala dengan menggunakan waslap yang dibasahi dengan air hangat.

  • Basuh seluruh badan, leher, tangan dan kaki dengan air hangat. Bersihkan badan dengan sabun cair. Bilas dengan waslap, sembari membersihkan alat kelamin.

  • Untuk menyabuni bagian punggung, angkat kepalanya, pegang bagian leher denga tangan kiri kemudian miringkan tubuh bayi ke kiri-kanan sambil menyabuni bagian punggung.

  • Setelah bersih, angkat dari bak mandi, dan keringkan dengan handuk.



Tips lain :




  • Lakukan Mandi Ceria dengan memperhatikan kenyamanan bayi dan perubahan suhu air. Tak perlu lebih dari 10 menit.

  • Untuk bayi baru lahir. Pada minggu pertama, bayi tidak perlu sering mandi, cukup 1 kali sehari karena bayi belum berkeringat akibat beraktivitas

  • Selama tali pusar belum lepas, bayi cukup di lap dengan air hangat agar tali pusar tetap kering sehingga lebih cepat lepas.

  • Untuk kulit kepala bayi yang masih dipenuhi selaput/kerak (craddle cap), cukup dioleskan Zwitsal Baby Oil dan diamkan selama 10 hingga 15 menit sebelum mandi.



Langkah 3. Sentuhan Hangat dan Segar



3d5e226630d594b1ccf07c0f62e5e387_150220143953

Usai mandi, saatnya bayi diberi kehangatan yang berguna untuk memperlancar peredaran darah di area perut dan dada, yang memberi kesempatan bagi metabolisme tubuh untuk bekerja lebih baik.


Gunakan : Zwitsal Natural Minyak Telon yang berguna untuk memberi kehangatan pada si kecil, mencegah dan membantu meredakan perut kembung. Zwitsal Natural Baby Powder Milk & Honey yang diperkaya dengan protein susu dan madu menjaga kulit bayi tetap sehat dan halus dan memberikan keharuman yang tahan lama serta teruji Hypo-Allergenic.


e9536499d54662a5a4dd524412933fb6_sentuhan-hangat


Panduan Melakukan Sentuhan Hangat dan Segar




  • Letakkan bayi di atas handuk yang lembut.

  • Oleskan 3-5 tetes minyak talon ke telapak tangan bunda, lalu usapkan pada dada, perut, punggung serta telapak kaki bayi.

  • Saat mengoleskan minyak talon keseluruh tubuh si kecil, hadirkan suasana rileks dengan memberikan sentuhan lembut dan nyaman.

  • Berikan tekanan lembut di bagian dada di bawah leher tepat di puncak tulang dada bayi. Area ini terletak kelenjar yang besar bernama Thymus. Rangsangan pada daerah ini akan membangun stimulus bagi antibody untuk siap memberi reaksi sesuai kebutuhan pada waktunya.


6d1b0ba07f00ca61e27c505f01d9eace_150220143955




  • Tuangkan bedak bayi di telapak tangan bunda dan ratakan dengan tangan satunya lagi, agar butiran bubuk bedak tidak menyebar. Lalu usapkan ke daerah lipatan kulit seperti leher, paha dan ketiak sehingga gesekan antar kulit dapat dikurangi.

  • Hindari penggunaan puff agar butiran bedak tidak berterbangan dan masuk kedalam saluran pernafasan.

  • Jangan gunakan bedak di alat kelamin dan juga menimbunnya di lubang pusar, karena akan menimbulkan gumpalan yang tidak higienis.



Langkah 4. Harum Terawat



d0962a3755c40c90eceb9ccb12ecda2c_150220143956

Kini saatnya bayi memasuki tahap terakhir dari Baby Spa, yaitu Harum Terawat. Bau harum dapat menstimulus bagi indera penciuman yang akan membantu menstimulasi area pengendali emosi di otak. Dengan memberikan keharuman pada tubuh bayi, saraf-saraf akan terstimulasi dengan baik dan membantu otak bekerja sempurna mengatur keseimbangan tubuh, emosipun akan terkendali.


Gunakan : Zwitsal Baby Hair Lotion Aloe Vera, Kemiri, Seledri membantu rambut si kecil tumbuh hitam dan lebat, menutrisi dan memberikan keharuman yang tahan lama. Zwitsal Classic Baby Lotion dengan pelembab alami Canola Oil dan Jojoba Oil melembabkan dan menjaga kulit si kecil tetap halus dan lembut. Zwitsal Baby Cologne, oleskan di tubuh dan baju sikecil untuk keharuman khas baby Zwitsal.


f8f642e60d7125e1efce82c7c4eadfc6_wangi-terawat


Panduan Melakukan Harum Terawat




  • Kenakan pakaian yang nyaman pada bayi.

  • Usapkan hair lotion secara merata di kepala bayi, dengan sentuhan lembut agar khasiatnya masuk kedalam kulit kepala dan memberikan nutrisi.

  • Oleskan Baby Lotion di lengan, tangan dan kaki. Berikan sentuhan lembut. Kemudian beri sentuhan di belakang telinga dengan gerakan dari atas kebawah. Rangsangan ini untuk menstimulasi indera pendengaran dan mengatur keseimbangan tubuh.


046ffb7dbfbe6430bea75faddfbf3edc_150220143957




  • Bau harum cologne akan memberikan kesegaran alami pada bayi.



Tips pada saat melakukan Baby Spa tiap hari


- Pastikan bunda berada dalam kondisi hati yang ceria


- Pilih ruangan yang memiliki pencahayaan yang cukup, tutp jendela agar tidak terlalu berangin, dan AC jangan terlalu dingin.


- Siapkan beberapa handuk ukuran kecil dan sedang serta bak mandi ukuran sedang.


- Cuci tangan hingga bersih dengan kuku terpotong dengan rapi.


- Pastikan perut bayi tidak dalam keadaan kosong atau terisi penuh, dan bayi dalam kondisi tenang, tidak rewel atau sakit dengan suhu tubuh yang tinggi.


- Selain mengobrol dengan bayi, bunda dapat memutar musik. Bernyanyilah bersama si kecil sebagai bentuk komunikasi dan kedekatan dengannya. Suara umumnya dapat memberikan ketenangan serta kenyamanan untuk bayi.


- Pilih produk kosmetik yang memang khusus untuk bayi.




Ada 3 manfaat dari Zwitsal Baby Spa



1. Manfaat Fisik Zwitsal Baby Spa
- Membersihkan dan menutrisi kulit seluruh tubuh bayi.

- Menstimulasi seluruh saraf bayi melalui pemijatan dan sentuhan hangat.


- Pemijatan juga akan melancarkan peredaran darah, sehingga perkembangan si kecil akan lebih pesat pada usia pertumbuhannya.


- Hal ini akan berpengaruh terhadap system matabolisme tubuh dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh si kecil agar tidak mudah terserang penyakit.



2. Manfaat Psikologis Zwitsal Baby Spa


- Komunikasi dan interkasi yang terjadi antara Bunda dan si kecil akan memperkuat bonding diantara keduanya.


- Memberikan efek relaksasi, sehingga si kecil bisa tumbuh dengan ceria dan membantu membentuk pribadi yang supel, ceria dan mandiri.


- Dapat meningkatkan kualitas tidur, yang juga bepengaruh terhadap perkembangan otak bayi, karena otak bayi akan berkembang selama masa tidurnya.



3. Manfaat Stimulasi


- Saat bunda melakukan Zwitsal Baby Spa, terjadi stimulasi indera, keseimbangan dan stimulasi system sehingga membantu berkembangnya system saraf yang kelak akan mendukung proses belajar dan menjadi gerbang bagi si kecil untuk mengembangkan kecerdasan.


- Pada bayi lahir Caesar, dibutuhkan stimulasi dan rangsangan yang tepat, karena saat dilahirkan bayi lahir Caesar tidak menggunakan reflek alami yang digunakan oleh bayi lahir normal saat menggerakkan seluruh anggota tubuhnya untuk keluar dari perut bundanya. Zwitsal Baby Spa akan membantu si kecil mengembangkan reflek tubuh dan kematangan saraf serta fungsi otaknya sehingga dapat terkoordinasi dengan baik.



Dian Sastrowardoyo, bintang terkenal sekaligus Brand Ambassador Zwitsal pun sudah mempraktekkan Baby Spa pada anaknya. "Zwitsal Baby Spa memperkaya dan membuat ritual perawatan bayi sehari-hari menjadi lebih efektif untuk stimulasi bayi. Konsep ini juga memberikan kesempatan pada kita untuk melakukan kontak batin dengan anak, berkomunikasi dan berinteraksi secara berkualitas," katanya.


76de8addf0f1162ca7d58fa5a2a435f2_150220143959



Ternyata stimulasi dini sangat penting dalam mendukung tercapainya kecerdasan majemuk si kecil di masa depannya. Dan Zwitsal Baby Spa turut membantu saya untuk mempermudah dalam melakukan ritual perawatan si kecil sehari-hari. Terima kasih Zwitsal Baby Spa :)


Informasi dan penjelasan di atas benar-benar sangat berguna bagi saya dan juga si kecil. Semoga juga dapat memberi manfaat dan menginspirasi ibu-ibu lainnya di seluruh dunia, agar kita bisa membentuk generasi masa depan yang sehat, cerdas dan ceria :)


55dda52109fc9d5c7ab387d37da6d77a_150220143961



Sumber : Zwitsal



Tidak ada komentar:

Posting Komentar