Minggu, 05 Januari 2014

Kisah si 'Kelor'

7c7f44bbff1694d186a03b6443d93d80_daun-kelor-300x201



Semua pada tahu dengan daun kelor kan? Yups ... daun dengan ukurannya yang kecil-kecil, bentuknya yang bulat seperti telur dan berwarna hijau ini, ternyata banyak mengandung kalsium dan vitamin lho!


Pohon kelor merupakan tanaman khas daerah tropis dan sub tropis. Di Indonesia, tanaman ini sering dimanfaatkan sebagai tanaman pagar pambatas ataupun di santap sebagai sayuran. Dan daun kelor ini ternyata sangat banyak khasiatnya. Karena mengandung gizi yang tinggi dan juga bernutrisi. Daun kelor juga bisa diberikan kepada ibu menyusui untuk meningkatkan produksi ASI. Bahkan berbagai lembaga LSM internasional Trees for Life, Educational Concerns for Hunger Organization, dan Volunteer Partnerships for West Africa telah menganjurkan kelor sebagai solusi mengatasi kelaparan. Keren ya si 'kelor' :)


Saking terkenalnya si daun kelor ini, sampai-sampai ia juga bermanfaat di dunia per-mistis-an! Nah lho! Katanya..katanya lho yaa.. daun kelor ini bisa digunakan untuk mengusir pengaruh mistis dari diri seseorang!:) Boleh percaya, boleh tidak! Kalau tidak percaya sebaiknya abaikan saja *kibaskan rambut :D


Lanjuut..! Pohon kelor ini untuk di beberapa kota besar di Indonesia sudah termasuk langka alias susah nyarinya! *beberapa hari ini keliling kota gak nemu-nemu :( . Tapi untuk di daerah pinggiran kota masih ada beberapa pohon kelor yang berdiri anggun *orang kali ya..anggun :D , termasuk dikampung halaman saya :)


Padahal untuk penanaman pohon kelor ini termasuk mudah dan irit. Sama seperti pohon singkong, kita tinggal menancapkan batang pohonnya ke tanah, dan ... taddaa!! tumbuh! Kamu gak perlu repot-repot ngasih pupuk atau nyiramin tiap hari. Karena pohon kelor ini termasuk pohon yang bandel dan tahan banting ;) Dia bisa tumbuh subur tanpa perawatan yang spesial.


Namun seperti pohon singkong, pohon kelor ini sendiri mungkin bukan termasuk tanaman yang populer untuk ditanam di halaman rumah, selain rupanya yang tidak semenarik pohon-pohon berbunga cantik lainnya, mungkin juga karena masih banyak yang tidak tahu kegunaan dari kelor itu sendiri.


Lanjuut lagii... Dari segi rasa, setelah dimasak tentunya, daun kelor ini sedikit langu bagi yang belum terbiasa :) Kalau bagi saya sih seperti rasa daun katuk :) Bukan cuma daunnya saja yang bisa dimasak, buahnya juga bisa lho!


Kalau di beberapa daerah daun dan buah kelor biasa dimasak sebagai sayuran bening seperti sayur bayam. Maka di daerah asal saya yaitu kota Padang, buah dan daun kelor atau marunggai (sebutan di kampung saya) biasanya di masak dengan cara di gulai atau di tumis :) *ngeces, kepengan :d


99d0b626f46b836f7530b2ff91d7b18c_sayur-buah-kelor-tile


Untuk digulai, cara masaknya sama seperti cara menggulai yang biasa kita lakukan (bagi yang biasa masak ya! :P). Sedangkan untuk ditumis, tumis terlebih dahulu cabe giling hingga matang lalu masukkan daun kelor, aduk rata dengan cabe, setelah daun kelornya mulai layu masukkan kocokan telur, aduk sebentar hingga semuanya matang, siap disantap! *nyammii.. :d


06f6e6224ae5a9eb4861532327c11256_gulai-daun-kelor-tile


Oh iya, buah kelor atau bijinya bermanfaat untuk menjernihkan air sumur yang keruh juga lho! Woow!! Banyak sekali yah kegunaan dari si 'kelor' ini! Sebagai makanan yang bergizi dan bernutrisi, sebagai bahan obat untuk berbagai penyakit (seperti kolesterol, masalah pencernaan, radang tenggorokan dan banyak lagi), sebagai penjernih air dan juga sebagai santapan yang lezat :)


0bd85f4813461347730a037054e9faa1_obat-daun-kelor


Nama si'kelor' ini emang beken. Namanya sering disebut dalam pribahasa, apa hayoo...!


Yups! 'Dunia tak selebar daun kelor!' ;)


Semoga informasinya bisa bermanfaat yaa... ;)



Sumber Gambar : Klik pada gambar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar