Senin, 18 November 2013

Tips Untuk Mendapatkan 'Sesuatu' Dari Media Online

b4302eded33294c3e364b8041f319ec8_1453353_10151683347596853_928724708_n



Bicara tentang uang, siapa sih yang gak mau uang! Asal kita jangan sampai kerakusan aja ngejar uangnya, gelap mata dan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang! Uang itu untuk hidup! Bukan hidup untuk uang! *sok ngeguruin ;)


Dengan ngeblog dan punya banyak teman di blog membuat saya banyak dapat cerita dan informasi. Teman-teman blogger sering bercerita bagaimana mereka bisa menghasilkan uang dari ngeblog. Mereka bisa dapat job dari ngeblog, yang buntut-buntutnya uang juga. Huh, siapa yang gak mupeng coba! Saya bener-bener ngiri bin dengki, syirik en hati yang busuk...sampe berulet-ulet hihihi *dicambuk malaikat


Pengen banget nanya, bagaimana cara ngedapatinnya, tapi malu. Malu yang bikin hidup saya sengsara dan tersesat di dunia blogger. Hingga akhirnya ada juga yang tersentuh melihat muka melas saya yang tersesat ini, dan berinisiatif untuk mengadakan acara gathering yang membahas tentang 'bagaimana sih caranya ngedapetin uang dari blog' atau istilah kerennya 'How to earn money from blog' :) *dijitak sama teh Ani, 'Siapa elo?' hihihi


Jadi ceritanya teh Ani Berta yang sudah banyak melintang di dunia persilatan ngeblog dan sudah sering dapat 'sesuatu' dari ngeblog ini, ingin berbagi ilmu dan pengalamannya kepada teman-teman blogger semua.


Syukurlah pihak blogdetik mau mewadahi niat baik teh Ani ini. Pihak blogdetik yang ramah, baik hati dan tidak sombong dan juga tidak pelit ini dengan senang hati meminjamkan salah satu ruangan di gedungnya untuk kita sharing. :D


Ternyata bukan cuma teh Ani saja yang jadi pembicara di acara yang diberi tema #SundaySharing ini. Ada mas Ardhi Suryadi dari @detikinet yang mau meluangkan waktunya untuk berbagi ilmu.





[caption id="attachment_395" align="aligncenter" width="250" caption="Mas Ardhi berbagi ilmu, cara ngereview yang bagus"]Mas Ardhi berbagi ilmu, cara ngereview yang bagus[/caption]

Berikut tips mereview soft selling suatu acara, job ataupun lomba yang baik menurut mas Ardhi.




  • Jangan membuat review persis seperti yang ada di press release, karena itu akan membuat pembaca bosan dan malas untuk membaca.

  • Tulisan yang ada di press release rata-rata akan mengunggulkan atau melebih-lebihkan dalam hal produk mereka. Jadi untuk mereview yang baik sesuaikan tulisan dengan fakta dari produk tersebut. Tapi jangan sampai menjelek-jelekkan produk tersebut. Paling tidak tulislah kritikan dengan cara yang lebih smoothy.

  • Jika ternyata kita sendiri belum mengenal atau tahu tentang produk tersebut tapi ingin menuliskannya diblog berdasarkan informasi yang kita terima dari brand tersebut, kita bisa 'buang body' dengan mencantumkan kata 'diklaim' dalam kalimat. Sehingga jika produk tersebut dalam kenyataannya tidak sesuai dengan yang kita tulis, maka kita tidak jadi yang diper'salah'kan oleh pembaca.

  • Dalam tulisan, jangan melulu memuji produk brand, namun berikan juga solusi atau masukan-masukan yang bisa membangun bagi brand tersebut.

  • Berilah judul yang menarik dan menggelitik yang bisa menarik minat orang untuk membaca artikel kita.

  • Janganlah tulisan dibuat seperti iklan, yang selalu melebih-lebihkan dalam hal produknya.

  • Seimbangkan plus dan minus dari produk yang akan kita tulis.

  • Jangan pernah menyebut brand-brand lain apalagi brand yang merupakan saingan berat brand tersebut di dalam tulisan. Kecuali jika memang perbandingan itu lebih mengunggulkan produk brand yang hendak kita tulis.

  • Hindari menyebut atau menulis nama fitur yang terlalu normatif. Gunakan kata-kata pengganti yang lebih 'merakyat' atau lebih 'kece'.



Tips keren di atas bener-bener merubah hidup saya, eh maksud saya merubah bahkan merombak total cara saya menulis di blog! Karena ternyata selama ini saya berada di jalur yang salah dalam menulis. Terima kasih mas Ardhi :)



Nah, sekarang saatnya teh Ani bicara tentang uang! Eip, maksud saya cara mendapatkan uang dari blog :D . Dalam cakupan yang lebih luasnya lagi yaitu 'Get earn and more benefit from online media activity'.





[caption id="attachment_396" align="aligncenter" width="200" caption="Teh Ani, berbagi ilmu dan pengalamannya"]Teh Ani, berbagi ilmu dan pengalamannya[/caption]

Tersedia 3 media online yang bisa digunakan untuk kegiatan yang bisa menghasilkan 'sesuatu', yaitu :


1. Twitter


2. Facebook


3. Blog



Untuk Twitter dianjurkan :


- Punya follower minimal 500


- Update timeline


- Aktif berinteraksi dengan follower


- Kompliment untuk follower dengan mengadakan kuis dan sebagainya


- Sesekali buat kultwit yang bermanfaat



Untuk Facebook dianjurkan :


- Aktif update status yang bermutu


- interaksi 2 arah dengan membalas komentar


- Adakan diskusi suatu topik menarik berhadiah untuk memancing banyak komentar



Poin penting untuk Blog :


- Usia blog minimal 3 bulan


- Postingan 20 keatas


- Ter-index Google


- Terpasang Google Analytics


- Konten menarik


- Tidak mengandung konten pornografi dan SARA



Untuk ngeblog upayakan juga :


- Konsisten update


- Isi dengan konten yang menarik


- Rajin blogwalking dan meninggalkan 'jejak'


- Personal Branding


- Optimasikan SEO


- Ikut berkomunitas



Tips untuk ngedapetin Job Twitter, yaitu :


- Aktif ber'cuit-cuit' dengan follower


- Jika ikut dalam suatu acara sempatkan untuk ngetwit dan memention tuan rumah atau nyonya rumahnya juga boleh:D Setelah acara selesai, tetap jalin komunikasi dengan brand sponsor tersebut.


- Usahakan untuk berpatisapasi dalam live twit di acara-acara yang dihadiri, walaupun belum tentu menang, yang penting eksis bo! :D



Pengen dong agar Twitter kita dilirik sama Brand! Kalo perlu dikedip-kedipin sekalian deh! :D


Nah ini dia beberapa triknya :


- Hindari bikin nama akun twitter yang alay..bikin keriting mataa.. x)


- Cantumkan akun twitter di kartu nama, presentasi atau makalah.


- Berteman dengan teman yang berfollower banyak. Kemungkinan di retwit oleh teman yang berfollower banyak akan memungkinkan kamu untuk punya follower baru.


- Follow dan berinteraksi dengan akun brand yang kita sukai.



Sedangkan untuk di blog berikut tips untuk mendapatkan job review :


- Hunting di situs-situs yang menghubungkan antara blogger dan advertiser, baik yang lokal maupun yang internasional.


- Aktif di komunitas-komunitas blogger


- Rutin update dan rajin nge-share postingan di berbagai media sosial


- Hadiri acara kopdar atau acara-acara lainnya, tulis reportasenya, share di media sosial dan mention brand yang mengundang kita.



Tapi gegara kepengen banget cepat dapat job, kita jangan sembarangan juga dalam memilih advertiser atau job!


- Pilih advertiser dan agency yang dapat dipercaya.


- Harus ada MoU kedua belah pihak (tanda tangan diatas materai/pengesahan secara digital)


- Advertiser dan blogger dipastikan memahami hak dan kewajibannya.


- Job yang diterima disesuaikan dengan konten blog.


- Perhatikan kode etik



Satu lagi yang perlu kita catat jika kita telah menerima job review, yaitu :


- Beri laporan hasil pengerjaan


- Jalin hubungan yang baik untuk jangka panjang dengan advertiser


- Tetap konsisten update


- Jika job mengalir imbangi konten blog dan media sosial lainnya dengan postingan


orisinal 70:30, maksudnya usahakan 70% konten adalah konten pribadi.



Ilmu dari teh Ani bener-bener meresap dipikiran saya. Sepulangnya dari acara langsung deh saya cari-cari si mbah..mbah gugel! :D Pengen langsung dikutak katik nih si mbah!


Trus ada mas Karel juga dari pihak blogdetik yang gak tau perannya sebagai apa di sini, karena suka nyeletuk-nyeletuk diantara obrolan *dijitak mas Karel :D Tapi entah kenapa celetukannya kali ini lebih banyak yang benernya daripada yang ngawurnya. Karena penjelasan beliau *uhuk huk (ciee..'beliau' :) mengena di saya.





[caption id="attachment_397" align="aligncenter" width="300" caption="Mas Karel berbagi cerita "]Mas Karel berbagi cerita [/caption]

Menurutnya masih banyak blogger yang menulis secara kaku dan gak jadi dirinya sendiri. Terpaku pada gaya menulis yang baku. Banyak blogger yang masih minder dengan tulisannya, merasa tulisannya masih jelek. Padahal menulis yang bagus itu haruslah dengan hati, jadilah dirimu sendiri, pede dengan gaya menulis sendiri, gak perlu meniru-niru gaya tulisan orang lain. Menurutnya menulis itu harus jujur, gak perlu melebih-lebihkan. Kalo perlu buatlah postingan yang berbeda, dengan judul yang menarik dan tren saat itu.


Pokoknya acara #SundaySharing hari itu membuat otak saya penuh dengan berbagai ilmu yang berguna deh! Saya akan mencoba menerapkannya, walaupun itu gak bisa saya lakukan secara langsung..tapi setahap demi tahap. Seperti yang dibilang teh Ani, semua perlu proses, jika belum dapat hari ini masih ada kesempatan di hari esok, yang penting jangan gampang menyerah! Butuh kesabaran. Sipp teh :)


Acara yang penuh rasa kekeluargaan tersebut dimeriahkan juga dengan berbagai kuis dan game yang atraktif dan ngocol yang asli bikin ngakak kita semua!





[caption id="attachment_398" align="aligncenter" width="300" caption="Hompimpah dulu buat nentuin siapa yang duluan :)"]Hompimpah dulu buat nentuin siapa yang duluan :)[/caption]




[caption id="attachment_399" align="aligncenter" width="200" caption="Blogger 'manis' yang berusaha niruin gayanya teh Ani :D *bikin ngakak"]Blogger 'cantik' ini berusaha meniru gaya teh Ani dalam sebuah game :D[/caption]




[caption id="attachment_400" align="aligncenter" width="300" caption="Game ngawur, hadiahnya pun ngawur! 2 kg Mangga dari mas Karel :D"]Game ngawur, hadiahnya pun ngawur! 2 kg Mangga dari mas Karel :D[/caption]

Sama seperti harapan semua yang hadir kemarin, saya berharap acara sharing seperti ini rutin diadakan. Apalagi jika tema yang diusung bisa menambah ilmu para blogger untuk bisa lebih maju lagi! Bravo! :)




*Sumber Foto dari blogdetik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar