Senin, 04 November 2013

Tips Cara Hidup Sehat Ala Saya

Bicara tentang sehat, siapa sih yang gak mau sehat! Semua pasti pengen sehat dong! Kalo ada yang gak ingin sehat sebaiknya segera hubungi dokter! :D Nah, jika sudah menyangkut dokter dan obat-obatnya, maka kamu harus rela merogoh kantong cukup dalam untuk biayanya! Mau?? ... Gak mau kan? Makanya, mulailah hidup sehat dari sekarang dan tentu saja semua di mulai dari diri kamu sendiri! :)


Untuk bisa tetap sehat tentu tak lepas dengan cara atau gaya hidupmu. Bagaimana keseharian kamu menjalani aktivitasmu, apakah sudah termasuk dalam cara hidup yang sehat atau belum. Trus, bagaimana sih cara hidup yang sehat itu? Mau tau cara hidup sehat ala saya? Berikut tips cara hidup sehat ala saya tentunya :)



Jagalah apa yang kamu makan!


Sedari kecil, kita telah diajarkan baik oleh orang tua maupun guru untuk makan makanan yang sehat. 4 sehat 5 sempurna! Itu yang sering ditanamkan dibenak kita. 4 sehat yaitu, makanan pokok (seperti nasi, kentang, umbi-umbian, jagung dan lainnya yang mengandung karbohidrat yang mampu menghasilkan energi bagi tubuh), lauk pauk (seperti daging, ikan, telur, tempe dan lainnya yang banyak mengandung protein), sayur mayur (seperti bayam, brokoli, buncis, labu siam dan sebagainya yang banyak mengandung serat) dan buah-buahan (seperti jeruk, apel, pepaya, pisang dan lain-lain yang banyak mengandung vitamin). Untuk lebih sempurna ditambah dengan minum susu tiap hari untuk kalsiummu :)


Eh, untuk susu, bahannya tidak hanya berasal dari hewani aja lho! Bagi kamu yang alergi atau tidak suka susu dari bahan hewani, kamu bisa mengkonsumsi susu dari bahan nabati, seperti susu kedelai! :)



13f0f35ea73774376b39ea87f4ec7875_pola-makan-sehat-fix

Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang, bernutrisi dan berserat sesuai dengan kebutuhan, dapat melancarkan pencernaan atau melancarkan pembuangan sisa-sisa makanan dan racun dari dalam tubuh.


Kurangi makan makanan berkarbohidrat, berlemak, gula dan garam yang tinggi, karena dapat meningkatkan kadar kortisol (hormon stres) yang akan menghambat kerja dari serotonin yang berperan dalam mempengaruhi mood atau suasana hati. Contohnya yaitu, kombinasi kafein dan gula yang ternyata malah dapat meningkatkan kegelisahan.


Kurangi juga makanan yang bersantan dan berminyak yang banyak mengandung kolesterol. Sebisa mungkin masaklah makanan dengan cara direbus/dikukus, pun kalau hendak pakai minyak goreng gunakan sedikit saja sekadar untuk menumis. Untuk memasak sayuran, ada yang menumis terlebih dulu bawangnya baru kemudian memasukkan airnya? Saran saya, untuk lebih sehat sebaiknya tidak usah menumis bawangnya, cukup rebus bawang bersama air hingga mendidih dan kemudian memasukkan sayurnya. Juga tidak perlu lama-lama memasak sayuran agar kandungan nutrisi tidak hilang.


Kurangi juga pemakaian bahan pengawet dan penyedap rasa atau MSG pada masakan (biasanya banyak terdapat pada makanan siap saji) karena dapat menjadi pencetus timbulnya kanker. Memasak sendiri makanan yang hendak dikonsumsi lebih saya sarankan, karena lebih terjamin kesehatan dan kebersihannya. Untuk yang memasak sendiri pun, mungkin ada yang menggunakan penyedap rasa atau MSG. Bagi yang sudah terbiasa menggunakannya, akan terasa sulit untuk meninggalkan bahan yang satu ini. Bagai makan sayur tanpa garam! kurang enak, kurang gurih! katanya :D


Namun untuk hidup yang lebih sehat kamu harus berusaha menguranginya sedikit demi sedikit. Dengan mengurangi takaran yang biasa kamu gunakan sedikit demi sedikit setiap kali kamu masak. Lama kelamaan kamu akan terbiasa. Atau kamu bisa ganti bahan penyedap rasa dengan gula pasir, itu kata salah satu koki terkenal Rudi lho! ;)


Biasakanlah sarapan tiap hari. Sarapan dianjurkan yang mengandung protein sehingga dapat mensuplai energi penting tanpa meningkatkan kadar gula dalam darah. Sarapan sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh untuk bisa lebih berenergi dan optimal dalam berfikir saat kamu akan memulai aktivitas.


Aturlah pola makanmu. Misalnya dengan makan tiga kali sehari. Pagi sarapan dengan makanan yang mengandung protein, jika (sekitar jam 10 sampai jam 11 pagi) sebelum waktunya makan siang kamu merasa lapar, kamu bisa makan camilan yang sehat seperti buah-buahan. Saat makan siang, makanlah makanan yang mengandung karbohidrat secukupnya, karena mengkonsumsi karbohidrat secara berlebihan dapat mengundang kantuk seusai kita makan, dan itu tentu saja tidak baik untuk kesehatan kita. Begitu juga dengan makan malam. Dianjurkan untuk makan malam 2 jam-an sebelum waktunya tidur.


Makanlah secukupnya, jangan sampai berlebihan dan kekenyangan, bahkan ada yang makan sampai gak bisa berdiri dari duduknya saking kenyangnya! :D Akan lebih baik jika kamu makan beberapa kali namun dalam porsi yang lebih sedikit/kecil. Bahkan lebih baik lagi jika makanan pengganti lapar setelah kamu makan tersebut ditukar dengan camilan sehat seperti buah-buahan! Lebih bervitamin dan gak bikin gemuk! :)




[caption id="attachment_361" align="aligncenter" width="251" caption="Sumber makanan sehat"]Sumber makanan sehat[/caption]

Nah, yang terpenting minum air putih! Seperti yang dikatakan oleh pakarnya, bahwa manusia bisa bertahan hidup selama beberapa minggu hanya dengan meminum air. Segitu hebatnya air ini bagi kelangsungan hidup kita. Cukupi kebutuhan minum air putih 8 sampai 10 gelas per hari. Air dapat membuang racun dan logam berat yang terdapat dalam tubuh kita. Kurangi juga minum minuman yang bersoda dan beralkohol. Minumlah air yang bersih! Memasak air hingga mendidih dapat menghilangkan kuman atau bakteri yang terdapat dalam air yang kita konsumsi. Atau kamu juga bisa memilih menggunakan air minum bermerk yang banyak dijual dipasaran yang mana telah teruji secara klinis kebersihannya.


f6f6085b19542a857f4b796debb7d5fb_minum-air


Eh, ternyata meminum air putih secara berlebihan pun tidak baik lho! Karena dapat mempersulit kinerja pencernaan kita. ;)




Imbangi dengan berolah raga



4a7413ce7601f43c8356b1c0d97c4f5f_olah-raga

Olah raga banyak sekali manfaatnya bagi tubuh, seperti melancarkan aliran darah ke sel-sel otak, untuk pembentukan metabolisme tubuh sehingga regenerasi sel-sel tubuh terjadi lebih cepat.


Pilihlah olah raga yang tepat dan sesuai dengan kondisi tubuhmu. Seperti jika ada yang menderita penyakit asma, gak mungkin dong diajak olah raga lari atau maraton.


Untuk yang sibuk juga gak perlu olah raga yang ribet-ribet atau harus ke fitnes segala. Kamu bisa olah raga sendiri di rumah selama beberapa menit. Berjalan mengelilingi rumah di pagi hari sambil menghirup udara pagi yang segar, melakukan gerakan-gerakan senam yang ringan, yang dapat melemaskan otot-otot yang kaku. Bisa juga melakukan olah raga angkat barbel (jika tidak punya bisa diganti dengan peralatan lain yang ada dirumah, seperti botol minyak goreng atau botol air minum isi 1 ltr atau lebih juga boleh, yg terisi penuh tentunya. *berdasarkan pengalaman pribadi :D )


Paling tidak lakukanlah olah raga minimal satu kali dalam seminggu untuk menjaga kesehatan tubuhmu.




Istirahatlah yang cukup

Istirahat adalah satu cara untuk menenangkan diri dari kepenatan selama beraktivitas seharian. Dengan tidur, tubuh dapat mengembalikan vitalitas seseorang menjadi lebih baik.


Tidur yang berkualitas adalah tidur yang nyenyak selama lebih kurang 8 jam dalam sehari untuk ukuran orang dewasa. Tidur berkualitas merupakan tidur yang ditandai dengan rasa bugar saat bangun tidur dan sepanjang hari badan tetap segar.


Saat tidur hormon-hormon lebih aktif berproduksi. Hal ini penting untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi kerja otak. Bahkan hormon kortisol (Hormon Stres) mencapai titik tertinggi saat tengah malam hingga dini hari. Sehingga jika tidur berkualitas suasana hati akan terasa lebih baik.


533eb655b8a7d438223d182801b4c3ae_istirahat


Dampak dari kurang tidur bisa berpengaruh pada daya ingat, konsentrasi dan daya pikir yang menurun. Bahkan kurang tidur juga bisa memicu obesitas atau kegemukan karena cenderung mencari makanan yang manis dan berlemak.


Bagi teman-teman yang suka ngeblog, mungkin waktu istirahat yang ideal jarang untuk didapatkan. Rasa candu untuk menulis postingan atau berkunjung ke blog-blog lain susah sekali untuk dihindari. Sering sekali teman-teman yang punya blog,menulis postingan hingga tengah malam karena dikejar deadline. Sebenarnya pola tidur seperti ini tidak baik bagi kesehatan kita. Jadi paling tidak usahakan tidur sebelum tengah malam atau sedapat mungkin ganti dengan tidur siang yah! ;)




Istirahat otak?

987db2480611b45f123ac562a8ff8d95_refreshbrain

Berilah ruang untuk otakmu! Bekerja seharian sudah cukup menyita kerja otak bahkan bisa memicu stres. Untuk itu otak perlu di istirahatkan.


Hah? Bagaimana caranya mengistirahatkan otak? Selain dengan tidur, otak juga perlu diistirahatkan dari kerja kerasnya seharian dengan cara melakukan hal-hal yang lebih rileks dan menyenangkan. Ini tentu saja disesuaikan dengan kesenangan masing-masing orang. Seperti mendengarkan musik, membaca buku, memancing atau hal lainnya yang kamu suka yang tidak perlu menforsir kerja otak.


Teman-teman yang suka ngeblog mungkin ada yang suka nulis sambil dengerin musik? malah ada yang sengaja masang musik diblognya? Untuk apa? Tentu maksudnya untuk ngilangin stres atau ngerefresingin otak yang mumet ketika lagi nulis. Atau ada juga yang nyelingin waktu nulisnya dengan baca-baca buku atau novel.


Berbagai macam cara orang untuk ngerefresin otaknya, sesuai dengan kebutuhan dan kesenangan masing-masing. Jika otak sudah rileks maka otak dapat bekerja lagi dengan optimal dan dapat berpikir dengan lebih sehat.



Kualitas udara dan lingkungan

Jagalah lingkungan sekitarmu. Menanam pohon di rumahmu akan sangat bagus untuk menetralisir polusi udara yang terdapat dilingkunganmu.


Betapa senangnya jika setiap bangun pagi kita bisa menghirup udara yang segar. Udara segar yang kita hirup akan menyehatkan paru-paru, oksigen yang terserap akan dialirkan ke otak dan melancarkan kerja otak.



0607c41ae148a0e7e8701e095b4a5869_kualitas-udara

Hidup bersih itu sehat! Dengan mencuci tangan setelah memegang benda-benda yang kotor yang mungkin mengandung kuman dan bakteri akan menghindari kita dari penyakit.


Kurangi merokok! Selain tidak sehat untuk paru-parumu, asap rokoknya juga dapat merusak paru-paru orang-orang yang berada disekelilingmu yang secara tidak sengaja menghirupnya.



Banyak dari tips diatas yang sudah saya terapkan dalam keseharian saya. Semoga kamu bisa terinspirasi untuk hidup sehat juga dan menerapkannya dalam hidupmu yah! :)


Nah, sekian tips cara hidup sehat ala saya, mana 'ala' mu? ;D




*Sumber foto silahkan 'klik' pada gambar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar