Kamis, 29 Agustus 2013

Wajarkah Hobimu?

Ada beberapa orang yang mempunyai kebiasaan atau hobi yang mungkin bagi sebagian lainnya merupakan sesuatu yang aneh, unik atau malah menurut mereka tak berguna atau buang-buang waktu, uang dan tenaga. Namun bagi mereka yang punya hobi unik tersebut hal seperti itu tidaklah sesuatu yang aneh atau buang-buang waktu. Karena bagi mereka apa yang mereka lakukan adalah sesuatu yang mereka sukai, yang membuat hati mereka puas dan senang. Dan terkadang mereka bangga akan apa yang telah mereka lakukan.


Mungkin kita pernah mendengar orang yang hobi mengumpulkan perangko, mengkoleksi uang keluaran jaman dulu, koleksi sepatu, botol parfum dan banyak lagi lainnya.


Bagi kita beberapa koleksi yang saya sebutkan tadi mungkin masih bisa dibilang wajar. Namun pernahkah kamu mendengar orang dengan koleksi mereka yang sangat aneh dan langka. Seperti mengkoleksi kerangka orang dan hewan yang sudah mati, mengkoleksi rambut-rambut orang, koleksi gigi orang dan hewan dan koleksi hal-hal aneh lainnya?


Orang seperti ini memang mempunyai hobi yang aneh bagi sebagian besar dari kita, karena koleksi yang bisa dibilang tidak lazim. Namun selama apa yang mereka koleksi atau yang mereka lakukan itu tidak mengganggu, tentu saja apa yang mereka lakukan itu sah-sah saja. walaupun orang memandang mereka sebagai manusia dengan hobi yang aneh. Bagi mereka apa yang mereka lakukan membuat mereka puas dan senang. Kepuasan batin yang tidak mungkin bisa mereka beli dimanapun.


Mungkin kamu sendiri juga mempunyai suatu hobi mengkoleksi benda-benda yang aneh, yang ternyata secara tidak sadar kamu lakukan? Mungkin ada yang mengkoleksi secara tidak sadar sikat gigi bekas yang sudah tidak kamu pakai, yang katamu hendak kamu buang, namun kamu lupa dan akhir menumpuk :D Atau mengumpulkan kantong kresek bekas belanja yang kamu simpan buat tempat sampah, yang ternyata bukannya berkurang dipakai :D Atau bisa juga kebiasaan kamu mengumpulkan karet gelang bekas ikatan belanjaan :D


Terkadang setiap orang mempunyai kebiasaan yang menjadi hobi bagi mereka namun mereka tidak menyadarinya karena menurut mereka itu hanya hal yang sepele dan masih dalam batas wajar.


Bagaimana jika bagi mereka yang suka mengkoleksi benda-benda yang aneh mengatakan hal yang sama? bahwa menurut mereka, hal yang mereka lakukan juga masih dalam batas yang wajar?


Jadi kesimpulannya, setiap orang mempunyai persepsi yang berbeda atas apa yang disebut dalam batas wajar. Di sebut wajar mungkin karena kebanyakan orang melakukannya, dan di katakan tidak wajar karena orang jarang melakukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar