Jumat, 23 Agustus 2013

Nilai Persahabatan

Apakah kamu tahu film Charlotte's Web? Film ini bercerita tentang persahabatan hewan-hewan yang hidup disuatu peternakan. Film yang penuh dengan makna, nilai-nilai moral dan bisa dijadikan sebuah pembelajaran untuk sebuah persahabatan.


Dalam film tersebut diceritakan bahwa disebuah desa ada sebuah keluarga yang mempunyai sebuah peternakan. Dalam peternakan tersebut hidup berbagai macam hewan ternak, seperti kuda, domba, angsa, anjing penjaga domba dan babi kecil yang periang dan penuh dengan persahabatan bernama Babe.


Babe selalu berusaha bersahabat dengan siapa saja tanpa memandang jenis hewan ataupun besar kecil ukuran tubuh mereka. Ia bersabahat dengan seekor burung hantu, seekor tikus dan bahkan dengan seekor ibu laba-laba yang membuat sarangnya dipintu masuk kandang. Ibu laba-laba tersebut awalnya tidak punya sahabat dikandang itu, karena hewan-hewan yang lain tidak suka bahkan cenderung takut dengan bentuk laba-laba yang menurut mereka menyeramkan. Apalagi laba-laba tersebut memakan serangga untuk menu makannya. Itu membuat ibu laba-laba dijauhi oleh hewan lainnya.


Namun sejak kedatangan Babe dipeternakan tersebut suasana peternakan terasa ceria dan semua hewan hidup dalam persahabatan, termasuk dengan ibu laba-laba. Namun suasana berubah ketika Babe mengetahui bahwa ia hidup dipeternakan untuk kemudian dipotong oleh pemilik peternakan untuk dijadikan santapan. Awalnya ia tidak percaya dengan apa yang dikatakan hewan-hewan yang lainnya. Namun ketika melihat kenyataan bahwa hewan-hewan yang lain yang merupakan sahabatnya hilang yang ternyata telah dipotong oleh pemiliknya untuk dijadikan santapan, akhirnya ia percaya. Ia tidak terima dan dengan berbagai cara ia berusaha agar ia tidak dipotong oleh pemiliknya.


Setelah melewati perjuangan yang panjang dan dibantu oleh sahabat-sahabatnya akhirnya Babe tidak jadi dipotong dan sekarang ia malah menjadi seekor babi penjaga domba menggantikan anjing penjaga.


Di akhir cerita ibu laba-laba yang merupakan sahabat dekat Babe melahirkan anak yang membuat tenaganya terkuras habis dan akhirnya meninggal. Itu membuat Babe sedih. Sebelum ibu laba-laba meninggal Babe berjanji akan merawat anak-anak ibu laba-laba tersebut.


Kisah yang penuh dengan konflik ini tidak lupa membalurkan beberapa adegan-adegan lucu yang menggelitik dan membuat kita asyik larut dalam ceritanya.


Dalam cerita ini dapat dipetik pesan bahwa sebuah persahabatanitu tidak memandang berdasarkan rupa karena kita tidak bisa menilai orang hanya karena rupa semata. Berhentilah memandang kebaikan berdasarkan kecantikan fisik saja.


Babe juga mengajarkan kita arti keakraban, kehangatan persahabatan, kesabaran dan juga janji-janji yang harus ditepati.


Kisah ini tidak terjabarkan secara akurat, namun intinya adalah semoga kita manusia bisa mengambil manfaat dari kisah ini :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar