Senin, 08 April 2013

Komunitas? Penting Gak Sih?


Apakah kamu suka berkomunitas? Atau kamu masih mencari-cari komunitas mana yang cocok dengan dirimu? Atau malah kamu gak suka berkomunitas? Hmm.... 

Komunitas! Inilah yang akan dibahas dalam acara yang diadakan di Demang Resto & Coffee Lounge pada hari Minggu, 7 April 2013 kemarin. Event dengan tema 'Blogger Bicara Komunitas' yang diadakan oleh Blogdetik ini didukung oleh Lenovo Mobile, XL, Bening Communication, detik Forum, dan Cari Cinta (Cari Cinta merupakan kanal terbaru di Blogdetik). Acara ini mengundang 100 blogger dari berbagai komunitas dan platform, seperti dBlogger, KEB (Kumpulan Emak2 Blogger), Anging Mamiri (dari Makasar), Asean Blogger, BlogFam, Kopdar Jakarta, Kartunet (Karya Tuna Netra), SoneID, SGFC (Sugar Glider Fun & Crazy), dan lainnya.


Ketika memasuki Demang Resto & Coffee Lounge, saya disambut oleh mba-mba canti nan imut, yang mempersilahkan saya untuk mengisi buku registrasi. Kemudian salah seorang dari mereka memberikan saya sebuah souvenir cantik, berupa pena berbentuk kapsul. Setelah itu saya pun dipersilahkan untuk makan terlebih dahulu.

Sembari antri mengambil makanan, mata saya menyapu ruangan mencari-cari wajah yang mungkin saya kenal. Untunglah saya menemukan wajah yang sangat saya kenal, dan kebetulan bangku di sebelahnya kosong. Setelah selesai mengisi piring dengan nasi, aneka lauk dan sayur, saya pun melangkah menuju ke sana.

Setelah tamu undangan memenuhi meja yang disediakan, dan tampak beberapa diantaranya telah selesai menyantap hidangan yang disediakan, maka acarapun dimulai. Acara ini di pandu oleh Mas Karel yang kocak, dan Mas Marwan yang katanya mirip dengan Edwin 'Trio Libels'. wekeke :)

Acara diawali dengan performa beberapa tamu undangan yang bersedia untuk tampil. Setelah menikmati lagu yang masih terasa hangat di pasaran, maka diskusi pun dibuka dengan mendengar video singkat di layar, berupa pendapat dari masyarakat mengenai komunitas.

Apa itu komunitas? Beragam jawaban yang diberikan. Tapi pada umumnya semua mengatakan bahwa komunitas itu adalah suatu kumpulan atau gabungan orang-orang yang mempunyai hobi, kesukaan, bakat dan minat yang sama.

Menurut kamu membentuk suatu komunitas itu penting atau nggak sih? Bagi mereka yang bergabung dalam suatu komunitas tentu saja kompak mengatakan bahwa komunitas itu penting. Karena dengan bergabung dalam suatu komunitas mereka mendapatkan banyak manfaat, seperti mendapatkan banyak teman (itu sudah pasti), menambah pengetahuan atau wawasan mereka tentang hobi yang sama-sama mereka suka, atau bakat yang sama-sama mereka punya, mendapat banyak informasi dari komunitas tentang event-event yang akan diadakan, dan lain sebagainya.

Nah ada juga nih yang mengganggap komunitas itu nggak penting. Mereka biasanya beralasan, bahwa bergabung dalam suatu komunitas hanya akan buang-buang waktu, uang, dan tenaga. Hmm....

Lalu apa perbedaan komunitas dengan organisasi (seperti ormas)? Komunitas merupakan perkumpulan yang dibentuk berdasarkan kesamaan hobi dan minat dimana mereka menikmatinya dan bebas dalam berekspresi tanpa harus terikat dalam kepengurusan dan tujuannya. Sedangkan organisasi (ormas) adalah suatu perkumpulan yang terstruktur dengan kepengurusan yang lengkap dan punya suatu maksud dan tujuan tertentu dalam membentuk organisasi tersebut (seperti tujuan politik dan sebagainya).

Apakah perlu suatu komunitas membentuk suatu kepengurusan? Beberapa komunitas ada yang menganggap kepengurusan itu perlu, karena kepengurusan dianggap penting dalam mengatur komunitasnya dan juga event-event yang akan diadakan bagi komunitasnya. Tapi ada juga yang menganggap kepengurusan itu tidak perlu. Seperti komunitas SGFC (Sugar Glider Fun & Crazy) yang tidak mempunyai pengurus dalam komunitas mereka. Mereka membentuk komunitas, murni karena minat mereka yang sama terhadap hewan. Komunitas bagi mereka adalah agar mereka bisa berkumpul dan bisa berbagi cerita tentang hewan yang mereka miliki. It's simple!

Jika terjadi 'gesekan' dalam komunitas, apa yang harus dilakukan? Pada umumnya, suatu komunitas pernah mengalami 'gesekan' atau masalah. Pemecahannyapun beragam. Seperti yang terjadi di KEB, dimana dua anggotanya berselisih paham karena suatu hal. Mereka menyelesaikannya dengan cara berdamai, dengan saling mengingatkan apa tujuan mereka masuk dalam komunitas tersebut. Begitu juga dengan mbak Tika, yang punya masalah dalam grup yang meng-unfollow akunnya, ketika terjadi 'perang komen' antar temannya. Masalah tersebut ternyata dapat dilumerkan setelah mereka melakukan nobar bersama.

Jadi kesimpulannya, masalah yang terjadi di komunitas sebenarnya dapat diselesaikan dengan cara kopdar antara pihak yang berselisih, sert mengikut sertakan juga pihak yang dianggap netral, yang bisa bersikap bijak dan dianggap 'sepuh' di komunitas tersebut.

Akhirnya diskusi pun rehat. Ada penampilan dari komunitas SGFC yang menakjubkan. Komunitas ini adalah sekumpulan orang-orang yang memelihara atau memiliki hewan-hewan yang unik. Saat itu hampir semua anggotanya membawa hewan peliharaan mereka. Saya pun melihat wajah ketakutan Mas Karel yang dikalungi beberapa ular. Emang wajah gak bisa nipu yaa! :) Tapi mas Karel tetap jaim, dengan bilang bahwa dia tidak takut dengan ular, tapi geli *ngeles aja XD

Acara dilanjutkan dengan games seru! Dimana tiap blogger dipersilahkan untuk membentuk sebuah kelompok yang beranggotakan sepuluh orang. Maka terbentuklah 8 kelompok, dimana saya termasuk dalam kelompok 4 dengan nama Komunitas Eksplore :). Fun Game ini dimaksudkan untuk memperebutkan hadiah berupa voucher senilai 1 juta rupiah dari @mba TiTis. Dalam games ini akan dilihat seberapa besar kekompakan kita dalam kelompok.

Ternyata souvenir berupa pensil kapsul pun merupakan tiket untuk mendapatkan doorprize berupa HP Lenovo. Acara ini benar-benar banyak manfaatnya. Di sini saya mendapatkan banyak teman terutama kelompok saya yang solid, dan sampai saat ini masih kompak saja. Tak lupa saya foto bareng dengan kelompok Eksplore, dan juga teman-teman lainnya.

Eh, pulangpun tidak dengan tangan hampa. Setiap orang mendapatkan oleh-oleh berupa baju kaos dari Blogdetik. Makasih yaa :)

Note : Acaranya seruu bangeet! Event-event seperti ini musti sering-sering diadakan yaa :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar